Analisis Variabel Antecedent Kualitas Laporan Keuangan UMKM

  • Nanang Agus Suyono Universitas Sains Al Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
  • Atikah Fitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSIQ
Keywords:
Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Ukuran Usaha, Lama Usaha, Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Laporan Keuangan UMKM.

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, pemahaman akuntansi, ukuran usaha, lama usaha, dan sistem informasi akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan UMKM di Kabupaten Wonosobo.

Metode: Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar kepada pelaku UMKM di Kabupaten Wonosobo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sempel sebanyak 99 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian: Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa tingkat pendidikan, pemahaman akuntansi, ukuran usaha, lama usaha, dan sistem informasi akuntansi berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan UMKM di Kabupaten Wonosobo.

Keterbatasan: Dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner sehingga jawaban responden terkadang tidak seperti keadaan yang sesungguhnya dan nilai Adjusted R Square pada penelitian ini sebesar 53,8% yang artinya variabel independen dalam penelitian ini hanya dapat mempengaruhi sebesar 53,8% dan 46,2% dijelaskan oleh variabel lainnya.

Agenda Penelitian yang Akan Datang: Penelitian selanjutnya dapat menambah variabel independen atau mengganti variabel independen dengan variabel lainnya sesuai dengan penelitian-penelitian terbaru selanjutnya dan dalam pengambilan sempel dapat memilih jenis usaha yang lebih spesifik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 237 times
PDF downloaded = 180 times