Pengaruh Motivasi Kualitas, Motivasi Sosial, Pertimbangan Pasar Kerja dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK)

  • Nanang Agus Suyono Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Esti Rahayu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Fella Yunita Fitriyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Motivasi Kualitas, Motivasi Sosial, Pertimbangan Pasar Kerja, Lingkungan Keluarga, Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kualitas, motivasi sosial, pertimbangan pasar kerja dan lingkungan keluarga terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif program studi akuntansi Universitas Sains Al-Qur’an. Teknik purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Sains Al-Qur’an yang telah mengikuti mata kuliah akuntansi keuangan menengah, akuntansi keuangan lanjutan dan auditing, yaitu mahasiswa akuntansi semester 5 dan semester 7 dengan total 149 mahasiswa.

Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda yang datanya diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 25. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa motivasi kualitas dan lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Sedangkan motivasi sosial dan pertimbangan pasar kerja tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-21
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times