Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Biaya Terhadap Kepuasan Pengunjung Puskesmas Selomerto I, Kabupaten Wonosobo

Authors

  • Nanang Agus Suyono Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Rifka Maulinda Agustin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo

DOI:

https://doi.org/10.32699/magna.v2i2.5403

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Biaya, Kepuasan Pengunjung

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan , fasilitas dan biaya terhadap kepuasan pengunjung di Puskesmas Selomerto I.

Metode - Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang sedang berkunjung di puskesmas selomerto I. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling yang menurut peneliti tepat digunakan dalam penelitian ini adalah purposive samplingmerupakan teknik penentuan sampel dengan mempertimbangan atau kriteria tertentu.

Hasil - Ada pengaruh positif antara variabel kualitas pelayanan, fasilitas dan biaya terhadap kepuasan pengunjung yang hasil dari regresi diperoleh nilai adjusted R2 sebesar 0,171 artinya variabel kepuasan pengunjung (Y) dijelaskan oleh variabel independen (X) yaitu kualitas pelayanan (X1), fasilitas (X2) dan biaya (X3) sebesar 17,1 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan di dalam model. Hasil pengujian diperoleh nilai Fhitung = 7,796  < Ftabel  2,70 dengan tingkat signifikansi <0,05 yaitu 0,000. 

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Biaya Terhadap Kepuasan Pengunjung Puskesmas Selomerto I, Kabupaten Wonosobo. (2023). Journal of Economics, Management, and Business, 2(2), 41-52. https://doi.org/10.32699/magna.v2i2.5403