Pengaruh Komunikasi, Motivasi, Disiplin, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan KSP Harapan Mulya Wonosobo

  • Nur Fitria Dwi Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • M. Elfan Kaukab Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Heri Purwanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Komunikasi Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh komunikasi kerja, motivasi kerja, disiplin kerja, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan KSP Harapan Mulya Wonosobo.

Metodologi - Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan KSP Harapan Mulya Wonosobo dengan sampel sebanyak 35 responden. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah dibagikan secara langsung kepada karyawan. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji F, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji t, uji koefisien determinasi. Pengolahan data menggunakan SPPS 25.

Hasil - Penelitian menunjukkan variabel komunikasi kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan KSP Harapan Mulya dibuktikan dengan nilai thitung 0,687 < ttabel 2,042 dengan signifikasi 0,498 > 0,05. Motivasi tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan KSP Harapan Mulya dibuktikan dengan nilai thitung 0,088 < ttabel 2,042 dengan signifikasi 0,063 > 0,05. Disiplin berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan KSP Harapan Mulya dibuktikan dengan nilai thitung 6,107 > ttabel 2,042 dengan signifikasi 0,000 < 0,05. Lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan KSP Harapan Mulya dibuktikan dengan nilai thitung 3,953 > ttabel 2,042 dengan signifikasi 0,000 < 0,05.

Keterbatasan - Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner. Dengan demikian penelitian ini bergantung pada jawaban responden dalam memahami setiap pernyataan. Dan kurangnya data yang dibutuhkan untuk penelitian lebih mendalam.

Implikasi - Peneliti berharap hasil penelitian ini dapat memberikan pemikiran perusahaan untuk mengembangkan dan mengkaji agar meningkatkan kinerja karyawan dengan memberikan komunikasi, motivasi, disiplin dan lingkungan kerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-18
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>