Citra Merk: Memediasi Hubungan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Internet
Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Provider TRI Di Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah Di Wonosobo
Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Citra Merek
Abstract
Keputusan pembelian adalah tindakan dari konsumen untuk mau membeli atau tidak terhadap suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian layanan internet Provider Tri pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo. Penelitian ini terdiri dari variabel kualitas produk (X), variabel keputusan pembelian (Y), variabel citra merek (mediasi). Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Sains Al-Qur’an yang diambil sebanyak 119 responden. Bahan penelitian ini adalah hasil survei pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Sains Al-Qur’an dengan menggunakan kuesioner yang diukur menggunakan skala likert dan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode accidental sampling. Metode statistik menggunakan analisis Structural Equation Modelling(SEM) dan uji mediasi digunakan alat uji Sobel Test. Dalam penelitian ini menghasilkan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian, citra merek memediasi kualitas produk terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh terhadap citra merek dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian.