Determinan Faktor Impulse Buying Pengguna Grab Food

  • Reni Sekarsari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • M. Elfan Kaukab Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Muhammad Gilang Maulana Azka Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Daya Tarik Iklan, Price Discount, Electronic Word of Mouth, Impulse Buying

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh daya tarik iklan, price discount dan electronic word of mouth terhadap impulse buying pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sain Al-Qur’an di Wonosobo.

Metodologi – Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sain Al-Qur’an di Wonosob. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Hair dengan jumlah sampel sebanyak 102 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah Regresi Linear Berganda.

Hasil - Penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik iklan, price discount dan electronic word of mouth berpengaruh signfikan terhadap impulse buying pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sain Al-Qur’an di Wonosob. Hal ini dapat dibuktikan dengan daya tarik iklan yang memiliki thitung 3,158 dengan nilai signifikan 0,002<0,05. price discount dibuktikan dengan thitung 2,271 dengan nilai signifikan 0,025<0,05. electronic word of mouth dibuktikan dengan thitung 3,467 dengan nilai signifikan 0,001<0,05. Impule Buying dibuktikan dengan thitung 2,583 dengan nilai signifikan 0,011<0,05.

Implikasi – Memberikan gambaran tentang Pengaruh daya Tarik iklan, price discout, dan electronic word of mouth ( ewom ) terhadap impulse buying pada pengguna grab food sehingga perusahaan dapat menentukan kebijakan yang tepat dalam pemberdayaan bidang pemasaran.

Orisinalitas – Penelitian dilakukan pada kalangan mahasiswa yang mayoritas masih belum memiliki pendapatan sendiri sehingga perlu diketahui pengaruh dominan yang menjadi foktor terjadinya impulse buying.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-25
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 175 times
PDF downloaded = 120 times