Peran Pengelolaan Barang Milik Daerah dalam Menilai Kualitas Laporan Keuangan Daerah Kabupaten Wonosobo

  • Mukharofah Mukharofah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • M. Elfan Kaukab Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Kualitas laporan keuangan, perencanaan BMD, penilaian BMD, penatausahaan BMD, pengawasan dan pengendalian BMD, kompetensi SDM

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari perencanaan BMD, penilaian BMD, penatausahaan BMD, pengawasan dan pengendalian BMD dan kompetensi SDM terhadap kualitas laporan keuangan daerah.

Metodologi -  Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 pegawai di OPD Kabupaten Wonosobo dan didapat melalui teknik pengambilan purposive sampling.

Hasil -  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan BMD, penilaian BMD, pengawasan dan pengendalian BMD serta kompetensi SDM berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan daerah. Namun penatausahaan BMD tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan daerah

Implikasi – Hasil dari penelitian ini memberikan manfaat bagi pemerintah yaitu informasi terkait kualitas laporan keuangan yang sesuai dengan peraturan pemerintah dan sebagai bahan masukan bagi pemangku kepentingan untuk memperbaiki masalah yang ada dalam menciptakan kualitas laporan keuangan (Wajar Tanpa Pengecualian).

Orisinalitas - Penelitian menggunakan variabel kompetensi SDM dengan alasan semakin kompeten SDM yang dimiliki oleh suatu instansi maka akan semakin berkualitas laporan keuangan yang dihasilkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-19
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 104 times
PDF downloaded = 149 times