IMPLEMENTASI INTEGRASI SAINS DAN ISLAM DALAM KURIKULUM DI UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN WONOSOBO
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i2.8142Kata Kunci:
integrasi sains dan islam, pengembangan kurikulum, pendidikan islam, unsiq wonosobo, dikotomi ilmuAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi integrasi sains dan Islam dalam kurikulum Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo, sebagai upaya menjawab tantangan dikotomi ilmu umum dan agama yang masih terjadi dalam pendidikan Islam. Melalui pendekatan studi kasus, penelitian ini mengkaji konsep, metode implementasi, serta tantangan yang dihadapi dalam integrasi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep integrasi di UNSIQ berfokus pada penyatuan ilmu duniawi dan spiritual melalui pendekatan yang harmonis antara wahyu dan akal. Implementasinya dilakukan melalui pengembangan kurikulum berbasis nilai-nilai Islam yang diterapkan pada semua mata kuliah, yang diharapkan mampu membangun pemahaman komprehensif bagi mahasiswa dalam mengaitkan ilmu pengetahuan dengan nilai keagamaan. Namun, implementasi ini menghadapi sejumlah tantangan, antara lain berupa dualisme kurikulum, keterbatasan pemahaman dosen, serta dukungan kebijakan dan sumber daya yang masih kurang optimal. Studi ini merekomendasikan peningkatan dukungan kebijakan universitas, alokasi anggaran yang memadai, dan peningkatan kompetensi pengajar untuk memastikan integrasi sains dan Islam berjalan secara efektif dan berkelanjutan di UNSIQ.
Referensi
Gumiandari, Septi, and Uswatun Hasanah. The Implementation of The Integration of Science and Islam in Curriculum Development in Indonesia, Malaysia and Brunei. Cirebon: CV. CONFIDENT, 2019.
Hasan, Hamka. “Integration of Islamic Science in the Development of Al-Qur’an Studies in Student Final Projects in Indonesia.” Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 7, no. 1 (January 29, 2023): 1–16.
Hidayatullah, Syarif. “Agama Dan Sains: Sebuah Kajian Tentang Relasi Dan Metodologi.” Jurnal Filsafat 29, no. 1 (February 28, 2019): 102–133.
Kuru, Ahmet T. Islam, Authoritarianism, and Underdevelopment: A Global and Historical Comparison. 1st ed. Cambridge University Press, 2019. Accessed February 21, 2023. https://www.cambridge.org/core/product/identifier/9781108296892/type/book.
Machali, Imam. “PENDEKATAN INTEGRASI-INTERKONEKSI DALAM KAJIAN MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM.” el-Tarbawi 8, no. 1 (2015): 32–53.
Mansour, Nasser. “Religious Beliefs: A Hidden Variable in the Performance of Science Teachers in the Classroom.” European Educational Research Journal 7, no. 4 (December 2008): 557–576.
Muhaimin. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Cet. 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar bekerjasama dengan PSAPM, Pusat Studi Agama, Politik, dan Masyarakat, Surabaya, 2003.
Ningsih, Tutuk, Sutrimo Purnomo, Muflihah Muflihah, and Desi Wijayanti. “Integration of Science and Religion in Value Education.” IJORER : International Journal of Recent Educational Research 3, no. 5 (September 30, 2022): 569–583.
Nizar, Samsul, ed. Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia. Ed. 1., cet. 1. Rawamangun, Jakarta: Kencana, 2007.
Nuryantini, Ade Yeti, Karman K, and Abdul Holik. “Integration Science and Religion: An Analysis in Islamic Higher Education.” TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society 5, no. 1 (2018): 11–18.
P, Andi Achruh. “EKSISTENSI GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM.” Inspiratif Pendidikan 5, no. 2 (July 1, 2016): 416–426.
Qomar, Mujamil. Epistemologi Pendidikan Islam Dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik. Jakarta: Erlangga, 2005.
Suciati, Rizkia, Herawati Susilo, Abdul Gofur, Umie Lestari, and Izza Rohman. “Millennial Students’ Perception on The Integration of Islam and Science in Islamic Universities.” Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies 12, no. 1 (June 4, 2022): 31–57.
Suharto, Toto, and Khuriyah Khuriyah. “THE SCIENTIFIC VIEWPOINT IN STATE ISLAMIC UNIVERSITY IN INDONESIA.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (March 8, 2016): 64.
Ungguh Muliawan, Jasa. Pendidikan Islam Integratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Yafiz, Muhammad, and Aqwa Naser Daulay. “Integration of Science at Islamic Universities in Indonesia: Delving Lecturers’ Perception.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 15, no. 1 (January 23, 2023): 871–881.
Zaini, Akhmad. “KONSEP PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF DALAM IDEOLOGI LIBERALISME.” Akademika 15, no. 1 (July 1, 2021). Accessed February 5, 2023. http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/akademika/article/view/514.
Zainiyati, Husniyatus Salamah. “Desain Pengembangan Kurikulum Integratif.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (October 19, 2014): 295–312.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
