PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN DARUL ISLAH KERTEK WONOSOBO

  • Ngatoillah Linnaja universitas sains al quran
  • Ali Imron Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo

Abstract

Pondok Pesantren Darul Islah Kertek Wonosobo adalah sebuah pondok pesantren yang mengadakan program Tahfidz al-Qur’an bagi para santri. Program ini bertujuan untuk melahirkan generasi muda Islam yang memiliki keahlian suatu bidang ilmu dan berkemampuan memimpin kehidupan bermasyarakat dan berwirausaha, dengan berbasis Al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana dampak program Tahfidz al-Qur’an yang dirasakan oleh para santri di Pondok Pesantren Darul Islah Kertek Wonosobo. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang bersifat deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian tentang dampak program Tahfidz  al-Quran yang dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Darul Islah Kertek Wonosobo tentang nilai-nilai pendidikan karakter bagi para santri, mereka merasakan adanya perubahan dalam diri mereka dalam kehidupan sehari-hari dalam beretika dilandasi semangat mejalankan ajaran agama Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

‘Amir, Najib Khalid al-, Tarbiyah Rasulullah, terj. Ibnu Muhammad dan Fakhruddin Nursyam, cet. ke-4, Jakarta: Gema Insani Press, 2000.
Abdullah, Sentuhan-Sentuhan Sufistik, Bandung: Pustaka Setia, 1999.
Abrasyi, M. Athiyah Al-, Dasar-dasar Pokok Pokok Pendidikan Islam, terj. Bustami A. Ghani dan Djohar Bahry, Cet. VII., Jakarta: Bulan Bintang., 1987.
Adhim, Fauzil, Positif Parenting: Cara-Cara Islami Mengembangkan Karakter Positif pada Anak Anda, Bandung: Mizan, 2006.
Ahmadi, Wahid, Risalah Akhlak., Solo: Era Intermedia, 2004.
Alidou, Ousseina D., Engaging Modernity Muslim Women and the Politic of Agency, New Jersey: The University of Wisconsin Press, 2005.
Arismantoro, Tinjauan Berbagai Aspek Character Building; Bagaimana Mendidik Berkarakter, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.
Azra, Azyumardi, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII: Akar Pembaruan Islam Indonesia, cet.2, Jakarta: Prenada Media, 2005.
Azuhairi, Abu Asbal Hasan, Sarah Ibanat min Usuli Diniyah, jilid 42, t.t.p. : Darus Soutiyah, t.t.
Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Halilovic, Safwat M., Hifz Memorization of The Qur’an, Cairo: Dar al-Salam, 2005.
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara,1995.
Hill, Winfred F., Teori-teori Pembelajaran, terj. M. Khozim, Bandung: Nusa Media, 2011.
Ismal, Faisal, Percikan Pemikiran Islam, Yogyakarta: Bina Usaha, 1984.
Kapadia, Mahesh, et.al, Mendongkrak Daya Ingat, terj. Adia, Bandung: Jabal, 2006.
Kemendiknas, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, 2010.
Madjid, Nurcholish, Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan, cet. ke-1, Jakarta: Paramadina, 1997.
Maskawaih, Ibnu, Menuju Kesempurnaan Akhlaq, alih bahasa: Hidayat Helmi, Bandung: Mizan, 1994.
Megawangi, Ratna, “Membangun SDM Indonesia Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter”, dalam www.usm.maine.edu.com.
Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kencana, 2006.
Najati, Muhammad ‘Utsman, Psikologi dalam Tinjauan Hadits Nabi, terj. Wawan Djunaedi Soffandi, Jakarta: Mustaqim, 2006.
Nawawi, Abu Zakaria, Al-Majmu', Jilid 1, Jeddah: Maktabah al Irsyad, t.t.
Pal, B.K., Education Psychology, Delhi: Bandematram Press, 2011.
Pasiak, Taufiq, Revolusi IQ/EQ/SQ Menyingkap Rahasia Kecerdasan Berdasarkan Al-Qur’ān dan Neurosains Mutakhir, Bandung: Mizan Pustaka, 2008.
Qosim, Mahmud, al-Khayal fi Madzhab Muhyidin Ibn Arabi, Kairo: Ma’had al-Buhuts wa al-Dirasah al-Arabiyah, 1969.
Raharjo, M. Dawam, (ed), Pergaulan Dunia Pesantren: Membangun dari Bawah, Jakarta: P3M, 1985.
Santrock, John W., Psikologi pendidikan, terj. Tri Wibowo, Jakarta: Kencana, 2004.
Tim Bahasa Penyusun, Kamus Cerdas Bahasa Indonesia Terbaru, Surabaya: Pustaka Agung Harapan, 2003.
Tim Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Profil Pondok Pesantren Mu’adalah, cet. I, Jakarta: Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren Departemen Agama, 2004.
Westwood, Peter, Learning and Learning Difficulties, London: David Fulton Publisher, 2004.
Winkel, W.S., Psikologi Pengajaran, terj. terj. Yunus Anas, Yogyakarta: Media Abadi, 2004.
Zarnuji, Syaikh az-, Ta’limu al-Muta’lim, Surabaya; Maktabah Al-Hidayah, 2006.
Ziemek, Manfred, Pesantren Dalam Perubahan Sosial, terj. Butche B. Soendjojo, cet I., Jakarta : P3M, 1986.
Published
2021-06-10
How to Cite
Linnaja, Ngatoillah, and Ali Imron. 2021. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 4 (1), 39-62. Accessed November 3, 2024. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1731.

STATISTICS

Abstract viewed = 308 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 175 times