PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN DARUL ISLAH KERTEK WONOSOBO
Abstract
Pondok Pesantren Darul Islah Kertek Wonosobo adalah sebuah pondok pesantren yang mengadakan program Tahfidz al-Qur’an bagi para santri. Program ini bertujuan untuk melahirkan generasi muda Islam yang memiliki keahlian suatu bidang ilmu dan berkemampuan memimpin kehidupan bermasyarakat dan berwirausaha, dengan berbasis Al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana dampak program Tahfidz al-Qur’an yang dirasakan oleh para santri di Pondok Pesantren Darul Islah Kertek Wonosobo. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang bersifat deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian tentang dampak program Tahfidz al-Quran yang dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Darul Islah Kertek Wonosobo tentang nilai-nilai pendidikan karakter bagi para santri, mereka merasakan adanya perubahan dalam diri mereka dalam kehidupan sehari-hari dalam beretika dilandasi semangat mejalankan ajaran agama Islam.
Downloads
References
Abdullah, Sentuhan-Sentuhan Sufistik, Bandung: Pustaka Setia, 1999.
Abrasyi, M. Athiyah Al-, Dasar-dasar Pokok Pokok Pendidikan Islam, terj. Bustami A. Ghani dan Djohar Bahry, Cet. VII., Jakarta: Bulan Bintang., 1987.
Adhim, Fauzil, Positif Parenting: Cara-Cara Islami Mengembangkan Karakter Positif pada Anak Anda, Bandung: Mizan, 2006.
Ahmadi, Wahid, Risalah Akhlak., Solo: Era Intermedia, 2004.
Alidou, Ousseina D., Engaging Modernity Muslim Women and the Politic of Agency, New Jersey: The University of Wisconsin Press, 2005.
Arismantoro, Tinjauan Berbagai Aspek Character Building; Bagaimana Mendidik Berkarakter, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.
Azra, Azyumardi, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII: Akar Pembaruan Islam Indonesia, cet.2, Jakarta: Prenada Media, 2005.
Azuhairi, Abu Asbal Hasan, Sarah Ibanat min Usuli Diniyah, jilid 42, t.t.p. : Darus Soutiyah, t.t.
Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Halilovic, Safwat M., Hifz Memorization of The Qur’an, Cairo: Dar al-Salam, 2005.
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara,1995.
Hill, Winfred F., Teori-teori Pembelajaran, terj. M. Khozim, Bandung: Nusa Media, 2011.
Ismal, Faisal, Percikan Pemikiran Islam, Yogyakarta: Bina Usaha, 1984.
Kapadia, Mahesh, et.al, Mendongkrak Daya Ingat, terj. Adia, Bandung: Jabal, 2006.
Kemendiknas, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, 2010.
Madjid, Nurcholish, Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan, cet. ke-1, Jakarta: Paramadina, 1997.
Maskawaih, Ibnu, Menuju Kesempurnaan Akhlaq, alih bahasa: Hidayat Helmi, Bandung: Mizan, 1994.
Megawangi, Ratna, “Membangun SDM Indonesia Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter”, dalam www.usm.maine.edu.com.
Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kencana, 2006.
Najati, Muhammad ‘Utsman, Psikologi dalam Tinjauan Hadits Nabi, terj. Wawan Djunaedi Soffandi, Jakarta: Mustaqim, 2006.
Nawawi, Abu Zakaria, Al-Majmu', Jilid 1, Jeddah: Maktabah al Irsyad, t.t.
Pal, B.K., Education Psychology, Delhi: Bandematram Press, 2011.
Pasiak, Taufiq, Revolusi IQ/EQ/SQ Menyingkap Rahasia Kecerdasan Berdasarkan Al-Qur’ān dan Neurosains Mutakhir, Bandung: Mizan Pustaka, 2008.
Qosim, Mahmud, al-Khayal fi Madzhab Muhyidin Ibn Arabi, Kairo: Ma’had al-Buhuts wa al-Dirasah al-Arabiyah, 1969.
Raharjo, M. Dawam, (ed), Pergaulan Dunia Pesantren: Membangun dari Bawah, Jakarta: P3M, 1985.
Santrock, John W., Psikologi pendidikan, terj. Tri Wibowo, Jakarta: Kencana, 2004.
Tim Bahasa Penyusun, Kamus Cerdas Bahasa Indonesia Terbaru, Surabaya: Pustaka Agung Harapan, 2003.
Tim Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Profil Pondok Pesantren Mu’adalah, cet. I, Jakarta: Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren Departemen Agama, 2004.
Westwood, Peter, Learning and Learning Difficulties, London: David Fulton Publisher, 2004.
Winkel, W.S., Psikologi Pengajaran, terj. terj. Yunus Anas, Yogyakarta: Media Abadi, 2004.
Zarnuji, Syaikh az-, Ta’limu al-Muta’lim, Surabaya; Maktabah Al-Hidayah, 2006.
Ziemek, Manfred, Pesantren Dalam Perubahan Sosial, terj. Butche B. Soendjojo, cet I., Jakarta : P3M, 1986.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format), and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).