PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI DALAM PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i1.814Kata Kunci:
Al-Ghazali, pendidikan islamAbstrak
Al-Ghazali merupakan salah satu tokoh islam populer, dengan pemikirannya tentang
pendidikan yang berdasarkan agama. Sehingga mampu menjadikan pendidikan
sebagai alat dan media yang strategis dalam transformasi doktrin-doktrin keagamaan.
Pemikiran al-Ghazali dalam bidang pendidikan itu lebih cenderung bersifat empirisme,
hal ini disebabkan karena al-Ghazali sangat menekankan pengaruh pendidikan terhadap
anak didik. Menurutnya seorang anak itu tergantung kepada orang tua dan orang yang
mendidiknya.
Referensi
Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1997, Cet.
III.
Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam,
Jakarta : Logos, 1999.
Abuddin Nata, Pemikiran Para Tokoh
Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Raja
Grafindo Persada, 2001,
Agus Basri, Pendidikan Sebagai Penggerak
Pembaharuan, Bandung : PT Al-Ma’arif,
1984.
Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat
Pendidikan Islam, Bandung : Al-Ma’arif,
Cet. 1974.
al-Ghailaini Musthafa, Syekh, Idhatun an-
Nasyi’in, Beirut : al-Ahliyah, 1993.
al-Ghazali dalam kitab Bidayah al-Hidayah.
al-Ghazali, Bidayah al-Hidayah, tt.
al-Ghazali, Ihya Ulum ad-Din, Juz, 1, tt. Dar al-
Kutub.
Bambang, Q. Anees, dkk., Pendidikan Karakter
Berbasis Al-Qur’an, Bandung : Simbiosa
Rekatama Media, 2008.
Fathiyah Hasan Sulaiman, Aliran-aliran dalam
Pendidikan, (Studi Tentang Aliran
Pendidikan menurut Al-Ghazali, ), (terj.),
Agil Husin al-Munawwar dan Hadri
Hasan, dari judul asli kitab Mazahib fi
at-Tarbiyah Bahstun fi al-Mazahib at-
Tarbawy ‘inda al-Ghazali, Semarang :
Thoha Putra, 1993.
Hidayat Muhammad Mansur, Tadris al-Lughoh
al-Arabiyah, Juz 1, Jakarta : CV. Biru, tt.
Jalaluddin, dkk. Filsafat Pendidikan
Islam, Konsep dan Perkembangan
Pemikirannya, Jakarta : PT. Raja
Grafindo Persada, 1994.
Muhammad Fadhil al-Jamaly, Filsafat
Pendidikan dalam Al-Qur’an, Surabaya
: PT. Bina Ilmu, 1986.
Pasaribu dan Simanjuntak, Pendidikan
Nasional, Bandung : Tarsito, 1978.
Sayyid Sabiq, Islamuna, Libanon, Dar al-Kitab
al-‘Arabi, Beirut, 1956.
Suwito, dkk., Sejarah Sosial Pendidikan Islam,
Jakarta : Kencana Prenada Media Group,
2008.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
