PENERAPAN HERMENEUTIK DHEMITOLOGI RUDOLF BULTMANN PADA RANAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Penulis

  • Muhammad Saefullah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an ##default.groups.name.author##
  • Siti Lailiyah Universitas Sains Al Qur'an ##default.groups.name.author##
  • Ali Imron Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i2.6078

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang hermeneutika teologis Bultmann yaitu Dhemitologi, sebuah teori filsafat yang mengkaji permasalahan-permasalahan dalam Kitab Suci yang bersifat sakral berupa mitos dan masih menjadi misteri untuk dibuktikan kebenarannya dengan menggali makna asli dan makna yang tersembunyi. Teori ini bermaksud menafsirkan ide-ide, motif-motif dan cerita-cerita dalam wahyu sehingga menjadi gamblang dan transparan dan masih tetap dalam batas-batas sebuah pendekatan yang memusatkan pada objektivasi dari Bahasa. Penelitian ini menggunakan metode library research (studi kepustakaan). Berupa serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data dari buku pustaka. Analisis yang dihasilkan adalah bahwa perintah ibadah dalam Islam tidak hanya sekedar syariat belaka akan tetapi setelah pengkajian yang mendalah dari sisi makna maka ditemukan banyak kemanfaatan yang terkandung di dalamya, serta rasional ilmiah.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-11

Cara Mengutip

“PENERAPAN HERMENEUTIK DHEMITOLOGI RUDOLF BULTMANN PADA RANAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM”. 2023. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 6 (2): 183-97. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i2.6078.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama