MODEL PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF EDWARD SALLIS

Penulis

  • Diah Anika Fahrani Universitas Lampung ##default.groups.name.author##
  • Riswandi Riswandi Universitas Lampung ##default.groups.name.author##
  • Riswanti Rini Universitas Lampung ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i2.5941

Kata Kunci:

Model Pengembangan Mutu Pendidikan, Pendidikan, dan Edward Sallis

Abstrak

Model pengembangan mutu pendidikan merupakan sebuah sistematisasi atau rencana yang digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan di suatu lembaga pendidikan dengan tujuan utama meningkatkan efektivitas pembelajaran dan menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi siswa, guru, dan pihak terkait pendidikan. Beberapa model yang umum digunakan termasuk Total Quality Management (TQM), Plan-Do-Check-Act (PDCA), Six Sigma, Malcolm Baldrige National Quality Award, dan Edward Sallis. Artikel ini fokus pada model pengembangan mutu pendidikan dari perspektif Edward Sallis. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan mengumpulkan artikel relevan melalui Google Scholar dan Publish and Perish dengan kata kunci "model pengembangan mutu pendidikan," "Pendidikan," dan "Edward Sallis." Hasilnya menunjukkan bahwa Model pengembangan mutu pendidikan Edward Sallis sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memenuhi kepuasan siswa dan orang tua. Model ini dapat diterapkan di berbagai jenis sekolah, termasuk sekolah dasar, menengah, dan perguruan tinggi.

Referensi

Herawan, Endang. "Pengendalian Mutu Pendidikan: Konsep Dan Aplikasi." Jurnal Administrasi Pendidikan 13, no. 1 (2011).
Ismail, Feiby. "Implementasi Total Quality Management (Tqm) Di Lembaga Pendidikan." Jurnal Ilmiah Iqra' 10, no. 2 (2018).
Megawati, MELIA MELDY. "Pengelolaan Sekolah Berbasis Mutu Di Smk." (2019).
Purnomo, Singgih Aji, and Maksum Maksum. "Total Quality Management (Tqm): Konsep Dan Prinsip Dalam Pendidikan Islam." Jurnal Alasma: Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah 2, no. 2 (2020): 207-16.
Rahman, Marita Lailia. "Model Pemgembangan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Philip. B. Crosby." EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 2, no. 1 (2020): 41-56.
Rahmi, Sri. "Total Quality Management Dalam Memajukan Pendidikan Islam." Intelektualita 3, no. 1 (2015).
Safitri, Alvira Oktavia, Vioreza Dwi Yunianti, and Deti Rostika. "Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas Di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (Sdgs)." Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 7096-106.
Shaifudin, Arif. "Manajemen Mutu Dari Industri Untuk Pendidikan." El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama 6, no. 2 (2018): 237-59.
Susanti, Heri. "Manajemen Pendidikan, Tenaga Kependidikan, Standar Pendidik, Dan Mutu Pendidikan." Asatiza: Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2021): 33-48.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-11

Cara Mengutip

“MODEL PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF EDWARD SALLIS”. 2023. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 6 (2): 70-81. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i2.5941.