MODEL PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF EDWARD SALLIS
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i2.5941Kata Kunci:
Model Pengembangan Mutu Pendidikan, Pendidikan, dan Edward SallisAbstrak
Model pengembangan mutu pendidikan merupakan sebuah sistematisasi atau rencana yang digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan di suatu lembaga pendidikan dengan tujuan utama meningkatkan efektivitas pembelajaran dan menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi siswa, guru, dan pihak terkait pendidikan. Beberapa model yang umum digunakan termasuk Total Quality Management (TQM), Plan-Do-Check-Act (PDCA), Six Sigma, Malcolm Baldrige National Quality Award, dan Edward Sallis. Artikel ini fokus pada model pengembangan mutu pendidikan dari perspektif Edward Sallis. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan mengumpulkan artikel relevan melalui Google Scholar dan Publish and Perish dengan kata kunci "model pengembangan mutu pendidikan," "Pendidikan," dan "Edward Sallis." Hasilnya menunjukkan bahwa Model pengembangan mutu pendidikan Edward Sallis sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memenuhi kepuasan siswa dan orang tua. Model ini dapat diterapkan di berbagai jenis sekolah, termasuk sekolah dasar, menengah, dan perguruan tinggi.
Referensi
Ismail, Feiby. "Implementasi Total Quality Management (Tqm) Di Lembaga Pendidikan." Jurnal Ilmiah Iqra' 10, no. 2 (2018).
Megawati, MELIA MELDY. "Pengelolaan Sekolah Berbasis Mutu Di Smk." (2019).
Purnomo, Singgih Aji, and Maksum Maksum. "Total Quality Management (Tqm): Konsep Dan Prinsip Dalam Pendidikan Islam." Jurnal Alasma: Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah 2, no. 2 (2020): 207-16.
Rahman, Marita Lailia. "Model Pemgembangan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Philip. B. Crosby." EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 2, no. 1 (2020): 41-56.
Rahmi, Sri. "Total Quality Management Dalam Memajukan Pendidikan Islam." Intelektualita 3, no. 1 (2015).
Safitri, Alvira Oktavia, Vioreza Dwi Yunianti, and Deti Rostika. "Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas Di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (Sdgs)." Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 7096-106.
Shaifudin, Arif. "Manajemen Mutu Dari Industri Untuk Pendidikan." El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama 6, no. 2 (2018): 237-59.
Susanti, Heri. "Manajemen Pendidikan, Tenaga Kependidikan, Standar Pendidik, Dan Mutu Pendidikan." Asatiza: Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2021): 33-48.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
