PENGARUH KEPAMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMP NEGERI
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i2.5939Kata Kunci:
kepemimpinan visioner, komitmen organisasi, kompetensi professionalAbstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kepemimpinan visioner dan komitmen organisasi terhadap kompetensi profesional guru secara terpisah dan bersama-sama. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 144 guru SMP Negeri di Kabupaten Pesawaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner kepala sekolah dan komitmen organisasi memiliki pengaruh positif yang signifikan secara parsial maupun secara keseluruhan terhadap peningkatan kompetensi profesional guru. Dalam konteks ini, kepemimpinan visioner dan komitmen organisasi memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas kompetensi profesional guru.
Referensi
Baidowi, A. (2020). Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 76-86.
Budi, M. H. S. (2020). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah MIN 13 Ngawi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(4), 151-170.
Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9-19.
Hidayah, N. (2016). Kepemimpinan Visioner dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Lazwardi, D. (2016). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2).
Luthans, F. (2006). Perilaku Organisasi (Terjemahan). Edisi Sepuluh, Penerbit ANDI, Yogyakarta.
Muis, M. R., Jufrizen, J., & Fahmi, M. (2018). Pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 1(1), 9-25.
Mukti, N. (2018). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah. Jurnal Kependidikan, 6(1), 71-90.
Nanus, B. (1992). Visionary leadership: Creating a compelling sense of direction for your organization: ERIC.
Octavia, S. A. (2019). Sikap dan kinerja guru profesional: Deepublish.
Purwanto, R. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Mutu dan Kualitas Sekolah di SD Negeri Soko. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 1(4), 151-160.
Rosidi, I., & Santosa, A. B. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Efikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Dimediasi Komitmen Organisasional (Studi pada guru SMP di Kecamatan Gunungw ungkal). Jurnal Ilmiah Telaah Manajemen, 15(1).
Siswanto, I. (2022). Monograf Komitmen Organisasi: Upaya Membangun Komitmen Organisasi Pendidikan Melalui Gaya Kepemimpinan, Kepribadian dan Kepuasan Kerja: CV. DOTPLUS Publisher.
Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar.
Sunarta, S. (2019). Pentingnya kepuasan kerja. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 16(2), 63-75.
Susan, E. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 952-962.
Wanto, W. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru di SMP Negeri 4 Satu Atap Bila Hilir Kabupaten Labuhanbatu. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara,
Wasito, E. (2021). Pengaruh Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Guru Dimoderasi oleh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja di SMK Kabupaten Pemalang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1), 64-73. doi:https://doi.org/10.54371/jiip.v4i1.205
Yusuf, R. M., & Syarif, D. (2018). Komitmen organisasi: Nas Media Pustaka.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
