TRADISI ISRA’ MI’RAJ SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER GENERASI MILLENIAL
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i2.529Kata Kunci:
Isra 'Mi'raj, Karakter, Pendidikan KarakterAbstrak
Penelitian ini membahas tentang nilai Isra 'Mi'raj dalam pembentukan karakter untuk
peserta didik yang terdapat dalam QS Al-Isra ayat 1. Studi tersebut dimotivasi oleh
betapa pentingnya nilai-nilai pembentukan karakter untuk peserta didik yang terkandung
dalam peristiwa Isra Mi 'raj Nabi Muhammad SAW. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui nilai-nilai Isra' Mi'raj secara mendalam dalam pembentukan karakter
generasi millenial dan mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Metode
penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian kepustakaan
(Library research) dengan mengambil nilai-nilai objek Isra Mi'raj dalam pembentukan
karakter untuk generasi milenial. Sumber data yang digunakan adalah sumber referensi
umum dan khusus, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penelitian
kepustakaan, teknik pengumpulan data dengan mengumpulkan data dan meninjau bukubuku
literatur yang mengandung teori. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis
isi dan metode tahlili. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi: (1) Isra 'Mi'raj
harus dilakukan dengan segenap jiwa dan raga manusia, bukan mimpi dan imajinasi,
karena Nabi Muhammad dalam melakukan Isra' dengan semangat dan dalam keadaan
sadar. (2) nilai-nilai karakter yang terkandung dalam QS Al-Isra ayat 1, seperti jujur, adil,
sabar dan istiqomah. (3) implikasi tradisi Isra 'Mi'raj dalam QS Al-Isra' ayat 1, yakni ibadah
atau dimensi spiritual, manusia dituntut untuk melakukan ibadah, karena orang yang
selalu melakukan ibadah akan menjadi lebih baik, lebih sehat, lebih segar daripada orang
yang tidak melakukan ibadah. Dikhususkan untuk orang tua, ternyata yang mengabdikan
kepada orang tua sangat berpengaruh / strategi untuk pembentukan karakter generasi
milenial. Melalui komunikasi yang efektif dalam merumuskan kebijakan pembentukan
karakter untuk generasi milenial dan melakukan pengawasan bersama terhadap perilaku
generasi milenial di sekolah dan di lingkungan rumah.
Referensi
Studi-Studi Islam) Volume 13, Nomor
1(Pembentukan Karakter Melalui
Pendidikan Agama Islam). Gorontalo.
IAIN.
Ainiyah, Nur. 2013. Jurnal Al-Ulum ISSN 1412-
0534 Volume 13, Nomor 1(Pembentukan
Karakter Melalui Pendidikan Agama
Islam). Semarang. Universitas Negeri
Semarang Jawa Tengah.
Al-Mubarakfuri, Syaikh Shafiyyurrahman.
2016. Al-Misbaahul Munir fii Tahdzibii
Tafsir Ibni Katsir. Jakarta. Pustaka Ibnu
Katsir.
Ash Shiddieqy, Teungku Muhammad Hasbi.
2002. Al Bayan Tafsir Penjelas Al-
Qur’anul Karim. Semarang. PT. Pustaka
Rizki Putra.
Az-Zuhaili, Wahbah. 2016. Tafsir Al-Munir.
Jakarta. Gema Insani.
Dasuki, HA Hadizh dkk. 1993. Al-Qur’an dan
Tafsirnya juz 15. Semarang. PT Citra
Effhar.
Departemen Agama RI. 2009. Al-Qur’an dan
Tafsirnya (edisi yang sempurnakan).
Jakarta. Lembaga Percetakan Al-Qur’an
Departemen Agama.
Departemen Agama RI. 2009. Yasmina Al-
Qur’an dan Terjemah. Bandung. Sygma.
Ghafur, Waryono Abdul. 2005. Tafsir Sosial.
Yogyakarta. eLSAQ.
Hamzah, Muchotob dkk. 2017. Pengantar Studi
Aswaja An-Nahdliyah. Yogyakarta. LkiS.
Idayani, Ika. 2016. Implikasi Kisah Isra’ Mi’raj
Terhadap Pendidikan Karakter (Kajian
Q.S Al-Isra’ Ayat 1). Skripsi, Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan, PAI (Pendidikan
Agama Islam).
Kadri, Muhammad & Ridwan Abdullah
Sani. 2016. Pendidikan Karakter
Mengambangkan Karakter Anak
yangIslami. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mahalli, Ahmad Mudjab. 2002. Membangun
Pribadi Muslim. Jogjakarta. Menara
Kudus.
Maula, Ashfal. 2004. Nilai-nilai Pendidikan
Akhlak Dalam Syair Nasehat KH. R.
Asnawi (Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol.1. No.2).
Muhammad, Ahsin Sakho. 2006. Al-Qur’an
tematis Akhlak. Yogyakarta. Yayasan
SIMAQ.
Munir, Ahmad. 2008.Tafsir Tarbawi. Yogyakarta:
Teras.
Noviyanto, Roif. 2017. Implementasi Pendidikan
Karakter Melalui Kegiatan Keagamaan Di
MI Mathla’ul Anwar Landbaw Kecamatan
Gisting Kabupaten Tanggamus. Lampung.
Universitas Islam Negeri Intan Lampung
Fakultas Tarbiyah san Keguruan Raden
Intan Lampung.
Quthb, Sayyid. 2003. Tafsir Fi Zhilalil-Qur’an.
Jakarta. Darusy-Syuruq Beirut.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. Konsep
dan Model Pendidikan Karakter. 2014.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. Konsep
dan Model Pendidikan Karakter. 2014.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Shihab, M. Quraish. 2007. Tafsir Al-Misbah.
Jakarta: LenteraHati.
Syukur, Fatah. 2005. Teknologi Pendidikan.
Semarang: RaSAIL.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
