MEMBANGUN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI AKTIVITAS KEAGAMAAN DI MTs AL YAKIN PUNGPUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v5i2.3315Kata Kunci:
character, religious, religi activityAbstrak
Madrasah memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian dan tingkah laku anak. Madrasah yang ingin berhasil dalam membentuk karakter religius harus mampu menerapkan berbagai macam kegiatan keagamaan yang mendukung tujuan tersebut. Aktivitas keagamaan yang dilakukan oleh MTs AL yakin harus dilakukan secara kontuitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan MTs al yakin dalam menumbuh kembangkan nilai-nilai karakter religius bagi para siswa melalui aktivitas keagamaan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan dari data-data yang diperoleh dalam penelitian ini ada beberapa aktivitas keagamaan yang mampu mendukung dan membentuk nilai-nilai karakter religius, yaitu adanya kegiatan mengaji setiap pagi, membaca asmaul Husna, sholat dhuha, kajian kitab,shalat dhuhur, amal jumat, pondok ramadhan, ekstrakurikuler Baca tulis al qur’an, peringatan isra’ dan mi’raj serta peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.
Referensi
Hambali, Muh., and Eva Yulianti, ‘Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di Kota Majapahit’, Pedagogik, 5.2 (2018), 193–208
Jacobus, Evinna Cinda Hendriana dan arnold, ‘Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Keteladanan Dan Pembiasaan’, Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1.02 (2016), 25–29 <https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952>
Jannah, Miftahul, ‘Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T an Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura.’, Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4.1 (2019), 77 <https://doi.org/10.35931/am.v4i1.178>
Mahmudiyah, Awaliyani, and Mulyadi Mulyadi, ‘Pembentukan Karakter Religius Di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren’, ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2.1 (2021), 55–72 <https://doi.org/10.37812/zahra.v2i1.223>
Mutiawati, Yenni, ‘Pembentukan Karakter Religius Pada Kegiatan Makan Anakan Di Pendidikan Anak Usia Dini’, Jurnal Buah Hati, 6.2 (2019), 165–74
Nurbaiti, Rahma, Susiati Alwy, and Imam Taulabi, ‘Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan’, EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2.1 (2020), 55–66 <https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995>
Pakpahan, Poetri Leharia, and Umi Habibah, ‘Manajemen Program Pengembangan Kurikulum PAI Dan Budi Pekerti Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa’, Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2.1 (2021), 1–20 <https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.19>
Sahri, Putri liana dan, ‘Taman Pendidikan Al Qur’an Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak Di Desa Semawot’, PROGRESS: Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim, 8.2 (2020), 19–36
Siregar, Fitri Rayani, ‘Nilai-Nilai Budaya Sekolah Dalam Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa SD IT Bunayya Padangsidimpuan’, Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 1.1 (2018) <https://doi.org/10.24952/gender.v1i1.777>
Sulistiyorini, Defi, and Yasin Nurfalah, ‘Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Dewan Jama’ah Mushola (DJM) Di SMK PGRI 2 Kota Kediri’, Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2.1 (2019), 40–49 <https://doi.org/10.33367/ijies.v2i1.834>
Syaroh, Lyna Dwi Muya, and Zeni Murtafiati Mizani, ‘Membentuk Karakter Religius Dengan Pembiasaan Perilaku Religi Di Sekolah: Studi Di SMA Negeri 3 Ponorogo’, Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3.1 (2020), 63–82 <https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224>
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
