MEMBANGUN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI AKTIVITAS KEAGAMAAN DI MTs AL YAKIN PUNGPUNGAN

Penulis

  • sahri sahri universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v5i2.3315

Kata Kunci:

character, religious, religi activity

Abstrak

Madrasah memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian dan tingkah laku anak. Madrasah yang ingin berhasil dalam membentuk karakter religius harus mampu menerapkan berbagai macam kegiatan keagamaan yang mendukung tujuan tersebut. Aktivitas keagamaan yang dilakukan oleh MTs AL yakin harus dilakukan secara kontuitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan MTs al yakin dalam menumbuh kembangkan nilai-nilai karakter religius bagi para siswa melalui aktivitas keagamaan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan dari data-data yang diperoleh dalam penelitian ini ada beberapa aktivitas keagamaan yang mampu mendukung dan membentuk nilai-nilai karakter religius, yaitu adanya kegiatan mengaji setiap pagi, membaca asmaul Husna, sholat dhuha, kajian kitab,shalat dhuhur, amal jumat, pondok ramadhan, ekstrakurikuler Baca tulis al qur’an, peringatan isra’ dan mi’raj serta peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.

Referensi

Cahyono, Heri, ‘Pendidikan Karakter: Stategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Religius’, RI’AYAH, 1.2 (2016), 230–40
Hambali, Muh., and Eva Yulianti, ‘Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di Kota Majapahit’, Pedagogik, 5.2 (2018), 193–208
Jacobus, Evinna Cinda Hendriana dan arnold, ‘Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Keteladanan Dan Pembiasaan’, Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1.02 (2016), 25–29 <https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952>
Jannah, Miftahul, ‘Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T an Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura.’, Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4.1 (2019), 77 <https://doi.org/10.35931/am.v4i1.178>
Mahmudiyah, Awaliyani, and Mulyadi Mulyadi, ‘Pembentukan Karakter Religius Di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren’, ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2.1 (2021), 55–72 <https://doi.org/10.37812/zahra.v2i1.223>
Mutiawati, Yenni, ‘Pembentukan Karakter Religius Pada Kegiatan Makan Anakan Di Pendidikan Anak Usia Dini’, Jurnal Buah Hati, 6.2 (2019), 165–74
Nurbaiti, Rahma, Susiati Alwy, and Imam Taulabi, ‘Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan’, EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2.1 (2020), 55–66 <https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995>
Pakpahan, Poetri Leharia, and Umi Habibah, ‘Manajemen Program Pengembangan Kurikulum PAI Dan Budi Pekerti Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa’, Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2.1 (2021), 1–20 <https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.19>
Sahri, Putri liana dan, ‘Taman Pendidikan Al Qur’an Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak Di Desa Semawot’, PROGRESS: Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim, 8.2 (2020), 19–36
Siregar, Fitri Rayani, ‘Nilai-Nilai Budaya Sekolah Dalam Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa SD IT Bunayya Padangsidimpuan’, Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 1.1 (2018) <https://doi.org/10.24952/gender.v1i1.777>
Sulistiyorini, Defi, and Yasin Nurfalah, ‘Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Dewan Jama’ah Mushola (DJM) Di SMK PGRI 2 Kota Kediri’, Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2.1 (2019), 40–49 <https://doi.org/10.33367/ijies.v2i1.834>
Syaroh, Lyna Dwi Muya, and Zeni Murtafiati Mizani, ‘Membentuk Karakter Religius Dengan Pembiasaan Perilaku Religi Di Sekolah: Studi Di SMA Negeri 3 Ponorogo’, Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3.1 (2020), 63–82 <https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224>

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-10

Cara Mengutip

“MEMBANGUN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI AKTIVITAS KEAGAMAAN DI MTs AL YAKIN PUNGPUNGAN”. 2022. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 5 (2): 83-92. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v5i2.3315.