KONSEP DAN APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS EDUTAIMENT DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

Penulis

  • Vava Imam Agus Faisal Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UNSIQ Jawa Tengah ##default.groups.name.author##
  • Mukromin Mukromin Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UNSIQ Jawa Tengah ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i1.1435

Abstrak

  Proses pembelajaran pada anak usia dini dianggap sebagai masa emas. Berbagai macam dukungan pembelajaran mambantu menyempurnakan perkembangannya. Perkembangan yang terjadi pada anak dapat dilihat dari tumbuhnya kreativitas dalam dirinya. Kreativitas merupakan aktivitas anak dalam merespon kegiatan pembelajaran yang dialami. Munculnya pembelajaran berbasis edutaiment merupakan langkah strategis dalam mengembangkan kreativitas. Intepretasi pembelajaran berbasis eduataiment memiliki sinergitas dengan pola pembelajaran anak usia dini. Penekanan pembelajaran edutaiment memberikan suasana aktif dan menyenangkan bagi  anak. Emplementasi pembelajaran berbasis edutaiment perlu dilakukan sacara konsisten dan berkelanjutan agar capaian perkembangan kreativitas berkembang secara baik. Standar kompetensi pendidik berperan penting dalam mengoptimalkan pembelajaran berbasis edutaiment. Tenaga pendidik sesuai kompetensi dapat menjalankan proses internalisasi pembelajaran dengan berbagai variasi pengajaran. Secara mandiri, kreativitas dapat tumbuh dalam diri anak  melalui suasana pembelajaran yang menyenangkan. Tenaga pendidik memberikan arahan dan  ruang seluasnya bagi tumbuh kembangnya kreativas anak usia dini.

Referensi

Bobbi De Porter, dkk., Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas, terj. Ary Nilandari, Bandung: Kaifa, 1999
Hamruni, Konsep Edutainment dalam Pendidikan Islam, Yogyakarta: Sukses Offset, 2008
Johar Permana, Mulyani Sumantri, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: C.V Maulana, 2001
Meller, John p. Humanizing The Classroom: Models Of Teaching In AffektifvEducation, New York: praeger publishers, 1976
Mulyasa , E, Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004
Mulyasa ,E., Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004
Munandar , Utami, , Kretivitas dan Keberbakatan : Strategi Mengujudkan Potensi Kreatif dan Bakat, Jakarta : Grafindo Pustaka Utama , 2002
Munandar, Utami, mengembangkan bakat dan kreatifitas anak sekolah: petunjuk bagi para guru dan orang tua, Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia, 1992
Nashori, H. Fuad & Rachmy Diana M. Mengembangkan Kreativitas Dalam Persepektif Psikologi Islam, Yogyakarta : Menara Kudus , 2002
Nasution, S., Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Bina Aksara, 2004
Sholeh, A khudhori, Pemikiran Islam Kontemporer. Yogyakarta : Jendela, 2003
Silberman, Melvin L., Aktive Learning: 101 Strategies To Teacb Any Subject, USA: Allynv& bacon, 1996
Supriono, Abu Ahmadi , Psikologi Belajar , Jakarta : Rinika Cipta .1991
Supriyadi, Dedi, kreativitas, kebudayaan dan perkembangan iptek, Bandung : ALFABETA, 2002
Sutrisno, Revolusi Pendidikan Di Indonesia, Membedah Metode Dan Teknik Pendidikan Berbasis Kompetens, Yogyakarta : Ar-Ruzz, 2005.

Unduhan

Diterbitkan

2020-09-26

Cara Mengutip

“KONSEP DAN APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS EDUTAIMENT DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI”. 2020. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 3 (1): 46-54. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i1.1435.