KONSEP DAN APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS EDUTAIMENT DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i1.1435Abstrak
Proses pembelajaran pada anak usia dini dianggap sebagai masa emas. Berbagai macam dukungan pembelajaran mambantu menyempurnakan perkembangannya. Perkembangan yang terjadi pada anak dapat dilihat dari tumbuhnya kreativitas dalam dirinya. Kreativitas merupakan aktivitas anak dalam merespon kegiatan pembelajaran yang dialami. Munculnya pembelajaran berbasis edutaiment merupakan langkah strategis dalam mengembangkan kreativitas. Intepretasi pembelajaran berbasis eduataiment memiliki sinergitas dengan pola pembelajaran anak usia dini. Penekanan pembelajaran edutaiment memberikan suasana aktif dan menyenangkan bagi anak. Emplementasi pembelajaran berbasis edutaiment perlu dilakukan sacara konsisten dan berkelanjutan agar capaian perkembangan kreativitas berkembang secara baik. Standar kompetensi pendidik berperan penting dalam mengoptimalkan pembelajaran berbasis edutaiment. Tenaga pendidik sesuai kompetensi dapat menjalankan proses internalisasi pembelajaran dengan berbagai variasi pengajaran. Secara mandiri, kreativitas dapat tumbuh dalam diri anak melalui suasana pembelajaran yang menyenangkan. Tenaga pendidik memberikan arahan dan ruang seluasnya bagi tumbuh kembangnya kreativas anak usia dini.
Referensi
Hamruni, Konsep Edutainment dalam Pendidikan Islam, Yogyakarta: Sukses Offset, 2008
Johar Permana, Mulyani Sumantri, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: C.V Maulana, 2001
Meller, John p. Humanizing The Classroom: Models Of Teaching In AffektifvEducation, New York: praeger publishers, 1976
Mulyasa , E, Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004
Mulyasa ,E., Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004
Munandar , Utami, , Kretivitas dan Keberbakatan : Strategi Mengujudkan Potensi Kreatif dan Bakat, Jakarta : Grafindo Pustaka Utama , 2002
Munandar, Utami, mengembangkan bakat dan kreatifitas anak sekolah: petunjuk bagi para guru dan orang tua, Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia, 1992
Nashori, H. Fuad & Rachmy Diana M. Mengembangkan Kreativitas Dalam Persepektif Psikologi Islam, Yogyakarta : Menara Kudus , 2002
Nasution, S., Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Bina Aksara, 2004
Sholeh, A khudhori, Pemikiran Islam Kontemporer. Yogyakarta : Jendela, 2003
Silberman, Melvin L., Aktive Learning: 101 Strategies To Teacb Any Subject, USA: Allynv& bacon, 1996
Supriono, Abu Ahmadi , Psikologi Belajar , Jakarta : Rinika Cipta .1991
Supriyadi, Dedi, kreativitas, kebudayaan dan perkembangan iptek, Bandung : ALFABETA, 2002
Sutrisno, Revolusi Pendidikan Di Indonesia, Membedah Metode Dan Teknik Pendidikan Berbasis Kompetens, Yogyakarta : Ar-Ruzz, 2005.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
