PERAN SERTA ORGANISASI REMAJA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM BAGI REMAJA SINDUAGUNG SELOMERTO WONOSOBO

Penulis

  • Rifqi Muntaqo FITK UNSIQ ##default.groups.name.author##
  • Septi Rahayu FITK UNSIQ ##default.groups.name.author##
  • Ahmad Zuhdi FITK UNSIQ ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1296

Kata Kunci:

Paedagogi, Organisasi Remaja Islam, Nilai-nilai Pendidikan Islam dan Metode Pendidikan Islam

Abstrak

Islam memiliki nilai-nilai kehidupan yang penting untuk diterapkan dalam kehidupan masyarakat, berbagai metode penerapannya sudah banyak dicontohkan oleh tokoh-tokoh islam. Metode yang digunakan antara lain; keteladanan, pembiasaan, nasihat dan hukuman. Penelitian ini mengambil objek penelitian pada remaja IPNU-IPPNU Sinduagung, organisasi remaja islam tersebut terbentuk pada tahun 2000-2001, seiring berjalannya waktu IPNU-IPPNU mengalami penurunan peminat dan tidak berjalannya berbagai kegiatan, sehingga berganti nama menjadi FORMAT (Forum remaja masjid). Dan pada akhirnya organisasi remaja islam tepat 1 April 2013 kembali berubah menjadi IPNU-IPPNU Sinduagung Selomerto Wonosobo.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penanaman nilai-nilai pendidikan islam bagi remaja di Desa Sinduagung yang difasilitasi oleh berbagai kegiatan IPNU-IPPNU berjalan sangat baik, diantaranya dengan menanamkan nilai-nilai akidah pada kegiatan makesta, kemudian penanaman nilai-nilai ibadah pada kegiatan ziarah kubur, nilai-nilai akhlak yang diambil dari kegiatan maulid simtut duror/diba’an dan pada berbagai kegiatan penggalangan dana kemanusiaan merupakan cara penting menggali nilai-nilai sosial remaja Sinduagung Selomerto Wonosobo, dengan harapan agar lebih meningkat lagi kepedulian terhadap lingkungannya.

Referensi

Asifudin, Ahmad Faiz. 2012. Pendidikan Islam, Basis Pembangunan Umat, Naasirussunnah.
Aziz, Abd. 2009. Filsafat Pendnididkan Islam. Yogyakarta: Teras.
Hurlock, Elizabeth. B. Psikologi perkembangan. 1996. Jakarta: Erlangga.
Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Daradjat, Zakiyah. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Elmubarok, Zaim. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Fadeli, Soelaiman dan Mohammad Subhan. 2007. Antologi Nu sejarah istilah amaliah uswah. Surabaya: Khalista.
Hadi, Amirudin dan Haryono. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Ihsan, fuad. 2013. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ludjito, Ahmad. dkk. 1996. Reformulasi Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muchsin, M. Bashori. dkk. 2010. Pendidikan Islam Humanistik “alternatif Pendidikan Islam Humanistik. Bandung: Refika Aditama.
Zein, Muhammad. 2015. Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ombak.
PWNU. 2015. Buku Mata Pelajaran Ke-NU-an Ahlussunah Waljamaah MTs/SMP. Surakarta: CV Sinar abadi.
Raharjo. 2012. pengantar ilmu jiwa agama. Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Roqib, Muh. 2009. Ilmu pendidikan islam.Yogyakarta: Lkis Yogyakarta.
Sadullah, Uyoh. 2012. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sanusi, Achmad. 2016. Pendidikan untuk Kearifan mempertimbangkan kembali sistem nilai,belajar dan kecerdasan. Bandung: Nuansa Cendekia.
Syairozi, Mafudz. 2008. Konsep Pendidikan Generasi Tiga Dimensi. Kendal: Jejak pena dan Pustaka Amanah.
Tafsir, Ahmad. 2014. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yusuf, Syamsu. 2006. Psikologi perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2019-12-05

Cara Mengutip

“PERAN SERTA ORGANISASI REMAJA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM BAGI REMAJA SINDUAGUNG SELOMERTO WONOSOBO”. 2019. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2 (2): 45-52. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1296.