Pengaruh Product Quality, Service Quality, Price Fairness, dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan Pelanggan
product quality, service quality, price fairness dan store atmosphere, kepuasan pelanggan.
Abstract
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh product quality, service quality, price fairness dan store atmosphere terhadap kepuasan pelanggan pada pelanggan Store Nuanika Hijab Temanggung.
Metodologi – Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Store Nuanika Hijab Temanggung. Simple Random Sampling terhadap 120 responden. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 25.
Hasil - Hasil pada penelitian menunjukkan variabel product quality memberikan pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Store Nuanika Hijab yang dibuktikan dengan nilai thitung 2,129 > ttabel 1,658. Service quality memberikan pengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Store Nuanika Hijab yang dibuktikan dengan nilai thitung 3,713 > ttabel 1,658. Price fairness juga memberikan pengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Store Nuanika Hijab yang dibuktikan dengan nilai thitung 2,979 > ttabel 1,658. Sedangkan Store atmosphere tidak memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Store Nuanika Hijab yang dibuktikan dengan nilai thitung 0,072 < ttabel 1,658.
Implikasi – Memberikan gambaran tentang pengaruh product quality, service quality, price fairness dan store atmosphere terhadap kepuasan pelanggan pada pelanggan Store Nuanika sehingga perusahaan dapat menentukan kebijakan yang tepat dalam pemberdayaan bidang pemasaran.
Orisinalitas – Penelitian dilakukan pada pelanggan Store Nuanika Hijab Temanggung.