Kinerja UMKM Sektor Kerajinan dan Faktor yang Mempengaruhi

  • Atina Tsabati Rosyada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • M. Elfan Kaukab Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
perencanaan strategis, literasi keuangan, inovasi, kompetensi sumber daya manusia, kinerja UMKM

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh perencanaan strategis, literasi keuangan, inovasi, dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kinerja UMKM las di Kabupaten Wonosobo.

Metodologi - Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner yang disebar kepada pemilik usaha UMKM Las di Kabupaten Wonosobo. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 responden diambil dengan rumus slovin. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, uji kualitas data, uji f, uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan metode regresi linier berganda, dan uji koefisien determinasi.

Hasil Penelitian - Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perencanaan strategis, inovasi, dan kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM, dan variabel literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap kinerja UMKM.

Keterbatasan - Penelitian ini yaitu hanya memakai empat variabel independen dalam penelitian, sehingga memungkinkan adanya variabel lain yang mempengaruhi kinerja UMKM, dan data yang diperoleh serta diolah hanya bersumber dari kuisioner, sehingga memungkinkan adanya ketidakjujuran dalam pengisian kuisioner sehingga menghasilkan jawaban yang tidak diinginkan dalam penelitian ini.

Implikasi - Sebagai bahan pertimbangan manajemen dalam menentukan suatu kebijakan yang akan diambil sehingga mampu meningkatkan kinerja perusahaan dalam mengelola usaha UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-19
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 18 times
PDF downloaded = 24 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>