Pengaruh Security dan Electronic Word of Mouth terhadap Consumer Purchase Decision Blibli dengan Trust sebagai Intervening

  • Revi Listiana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Indonesia
  • M. Elfan Kaukab Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Indonesia
  • Muhamad Asif Maulana Akbar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Indonesia
Keywords: Security, Electronic Word of Mouth, Trust, Purchase Decision, Blibli

Abstract

Tujuan - Penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Security dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap Purchase Decision dengan Trust sebagai variabel intervening pada pengguna Blibli di kalangan mahasiswa Universitas Sains Al-Quran (UNSIQ) Wonosobo.

Metodologi – Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa aktif UNSIQ dan sampel diambil sebanyak 100 responden menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS- SEM).

Hasil penelitian – menunjukkan bahwa Security berpengaruh signifikan terhadap Trust (t = 8,213; p = 0,000) dan E-WOM juga berpengaruh signifikan terhadap Trust (t = 6,277; p = 0,000). Trust berpengaruh signifikan terhadap Purchase Decision (t = 6,134; p = 0,000), serta mampu memediasi pengaruh Security dan E- WOM terhadap Purchase Decision.

Keterbatasan – Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner daring, sehingga memungkinkan adanya bias subjektivitas responden serta keterbatasan pemahaman terhadap pernyataan instrumen.

Agenda Penelitian yang Akan Datang – diharapkan dapat memperluas cakupan dengan menambahkan variabel lain seperti brand awareness atau customer experience, serta menggunakan pendekatan longitudinal untuk melihat dinamika perubahan perilaku konsumen dari waktu ke waktu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-08-28
How to Cite
Listiana, R., Kaukab, M., & Akbar, M. A. (2025, August 28). Pengaruh Security dan Electronic Word of Mouth terhadap Consumer Purchase Decision Blibli dengan Trust sebagai Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Perbankan Syariah, 5(4), 1-20. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/jamasy.v5i4.10213
Section
Articles