IMPLEMENTASI COMMUNITY BASED EDUCATION DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN PESANTREN DI WONOGIRI

Penulis

  • Eka Yuni Purwanti STAI Mulia Astuti ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i2.5995

Kata Kunci:

Pendidikan Berbasis Masyarakat, Strategi Pengembangan, Analisis SWOT

Abstrak

Community Based Education merupakan pendidikan yang diselenggarakan berdasarkan pada ciri khas social, agama, budaya, potensi masyarakat, dan aspirasi masyarakat sebagai perwujudan pendidikan dari, oleh, dan untuk masyarakat. Pesantren sebagai perwujudan dari pendidikan yang berbasis masyarakat. Penelitian ini adalah kualitatif studi kasus yang mengambil 3 lokasi untuk memberikan gambaran utuh tentang konsep, strategi, dan analisis SWOT. Obyek Penelitian pada Pondok Pesantren Gani Tirtoasri, Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati dan Pondok Pesantren Al Ibanah. Konsep yang ada pada pesantren terlihat pada manajemennya yang melingkupi planning, organizing, actuating, dan controlling. Sedangkan strategi yang digunakan adalah strategi marketing mix atau bauran pemasaran. Untuk analisis SWOT terdapat beberapa kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sebagai pijakan untuk pengembangan Pendidikan di Pesantren

Referensi

Cheglakova, Larisa S., Irina P. Devetyarova, Oksana S. Agalakova, and Yulia A. Kolesova, ‘Marketing Strategy of Quality Management During Reorganization of Regional Universities in the Process of Modernization of Education in the Conditions of Region’S Transition To Industry 4.0’, International Journal for Quality Research, 14.1 (2020), 33–50 <https://doi.org/10.24874/IJQR14.01-03>
Dakhi, Yohannes, ‘Implementasi POAC Terhadap Kegiatan Organisasi Dalam Mencapai Tujuan Tertentu’, Jurnal Warta, 53.9 (2016), 1679–99 <https://media.neliti.com/media/publications/290701-implementasi-poac-terhadap-kegiatan-orga-bdca8ea0.pdf>
Edwards, D. Brent, ‘Shifting the Perspective on Community-Based Management of Education: From Systems Theory to Social Capital and Community Empowerment’, International Journal of Educational Development, 64.November 2018 (2019), 17–26 <https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2018.11.004>
Fathurrochman, Irwan, Dina Hajja Ristianti, and Mohamad Aziz Shah bin Mohamed Arif, ‘Revitalization of Islamic Boarding School Management to Foster the Spirit of Islamic Moderation in Indonesia’, Jurnal Pendidikan Islam, 8.2 (2020), 239–58 <https://doi.org/10.14421/jpi.2019.82.239-258>
Hadi, Abdul, ‘Konsep Analisis Swot Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Madrasah’, Jurnal Ilmiah Didaktika, 14.1 (2013), 143–58 <https://doi.org/10.22373/jid.v14i1.494>
Komariah, nur, ‘Implementasi Fungsi Manajemen Pendidikan Di SDI Wirausaha Indonesia’, Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 16.1 (2018), 107–12
Maisun, ‘Manajemen Pendidikan Pesantren Salafiyah Darul Hikam Pagaralam’, AN-Nizom, 1.2 (2016), 59–69
Malik, Abdul, and Sabar Narimo, ‘Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Masyarakat Di Temanggung’, Profetika: Jurnal Studi Islam, 19.1 (2019), 6–12 <https://doi.org/10.23917/profetika.v19i1.7748>
Masduki, Moh, ‘Pendidikan Berbasis Masyarakat Dalam Pendidikan Islam’, Qalamuna, 11.2 (2019), 111–23
Nursapia Harahap, Penelitian Kualitatif (Medan: Wal Ashri, 2020)
Purnomo, M. Hadi, Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren (Yogyakarta: Bildung Pustaka Nusantara, 2017)
Purwanti, Eka Yuni, and Ririn Nuraini, ‘Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Upaya Meningkatkan Citra Madrasah Swasta (Studi Kasus Di MTs Sudirman Jatisrono, Wonogiri)’, Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 2.1 (2021), 22–40 <https://doi.org/10.55380/tarbawi.v2i1.92>
Puspitasari, Ratri, ‘Character Education Management in Senior High School 6 of Yogyakarta’, 511.Yicemap 2019 (2020), 186–90 <https://doi.org/10.2991/assehr.k.201221.039>
Rulitawati, Rulitawati, Ahmad Husein Ritonga, and Lias Hasibuan, ‘Management Performance Model of High School Teachers of Muhammadiyah in South Sumatera’, International Journal of Educational Review, 2.1 (2020), 30–43 <https://doi.org/10.33369/ijer.v2i1.10381>
Ruslan Wahyudin, Undang, Hinggil Permana, Ella Nurlailasari, and Taufik Mustofa, ‘Sosialisasi Model Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat Di Pondok Pesantren Syekh Quro Kabupaten Karawang’, Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5.2 (2021), 220 <https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i2.865>
Suriono, Zuhud, ‘Analisis SWOT Dalam Identifikasi Mutu Pendidikan’, ALACRITY : Journal of Education, 1.20 (2022), 94–103 <https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i3.50>

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-11

Cara Mengutip

“IMPLEMENTASI COMMUNITY BASED EDUCATION DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN PESANTREN DI WONOGIRI”. 2023. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 6 (2): 245-62. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i2.5995.