IMPLEMENTASI COMMUNITY BASED EDUCATION DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN PESANTREN DI WONOGIRI
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i2.5995Kata Kunci:
Pendidikan Berbasis Masyarakat, Strategi Pengembangan, Analisis SWOTAbstrak
Community Based Education merupakan pendidikan yang diselenggarakan berdasarkan pada ciri khas social, agama, budaya, potensi masyarakat, dan aspirasi masyarakat sebagai perwujudan pendidikan dari, oleh, dan untuk masyarakat. Pesantren sebagai perwujudan dari pendidikan yang berbasis masyarakat. Penelitian ini adalah kualitatif studi kasus yang mengambil 3 lokasi untuk memberikan gambaran utuh tentang konsep, strategi, dan analisis SWOT. Obyek Penelitian pada Pondok Pesantren Gani Tirtoasri, Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati dan Pondok Pesantren Al Ibanah. Konsep yang ada pada pesantren terlihat pada manajemennya yang melingkupi planning, organizing, actuating, dan controlling. Sedangkan strategi yang digunakan adalah strategi marketing mix atau bauran pemasaran. Untuk analisis SWOT terdapat beberapa kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sebagai pijakan untuk pengembangan Pendidikan di Pesantren
Referensi
Dakhi, Yohannes, ‘Implementasi POAC Terhadap Kegiatan Organisasi Dalam Mencapai Tujuan Tertentu’, Jurnal Warta, 53.9 (2016), 1679–99 <https://media.neliti.com/media/publications/290701-implementasi-poac-terhadap-kegiatan-orga-bdca8ea0.pdf>
Edwards, D. Brent, ‘Shifting the Perspective on Community-Based Management of Education: From Systems Theory to Social Capital and Community Empowerment’, International Journal of Educational Development, 64.November 2018 (2019), 17–26 <https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2018.11.004>
Fathurrochman, Irwan, Dina Hajja Ristianti, and Mohamad Aziz Shah bin Mohamed Arif, ‘Revitalization of Islamic Boarding School Management to Foster the Spirit of Islamic Moderation in Indonesia’, Jurnal Pendidikan Islam, 8.2 (2020), 239–58 <https://doi.org/10.14421/jpi.2019.82.239-258>
Hadi, Abdul, ‘Konsep Analisis Swot Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Madrasah’, Jurnal Ilmiah Didaktika, 14.1 (2013), 143–58 <https://doi.org/10.22373/jid.v14i1.494>
Komariah, nur, ‘Implementasi Fungsi Manajemen Pendidikan Di SDI Wirausaha Indonesia’, Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 16.1 (2018), 107–12
Maisun, ‘Manajemen Pendidikan Pesantren Salafiyah Darul Hikam Pagaralam’, AN-Nizom, 1.2 (2016), 59–69
Malik, Abdul, and Sabar Narimo, ‘Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Masyarakat Di Temanggung’, Profetika: Jurnal Studi Islam, 19.1 (2019), 6–12 <https://doi.org/10.23917/profetika.v19i1.7748>
Masduki, Moh, ‘Pendidikan Berbasis Masyarakat Dalam Pendidikan Islam’, Qalamuna, 11.2 (2019), 111–23
Nursapia Harahap, Penelitian Kualitatif (Medan: Wal Ashri, 2020)
Purnomo, M. Hadi, Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren (Yogyakarta: Bildung Pustaka Nusantara, 2017)
Purwanti, Eka Yuni, and Ririn Nuraini, ‘Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Upaya Meningkatkan Citra Madrasah Swasta (Studi Kasus Di MTs Sudirman Jatisrono, Wonogiri)’, Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 2.1 (2021), 22–40 <https://doi.org/10.55380/tarbawi.v2i1.92>
Puspitasari, Ratri, ‘Character Education Management in Senior High School 6 of Yogyakarta’, 511.Yicemap 2019 (2020), 186–90 <https://doi.org/10.2991/assehr.k.201221.039>
Rulitawati, Rulitawati, Ahmad Husein Ritonga, and Lias Hasibuan, ‘Management Performance Model of High School Teachers of Muhammadiyah in South Sumatera’, International Journal of Educational Review, 2.1 (2020), 30–43 <https://doi.org/10.33369/ijer.v2i1.10381>
Ruslan Wahyudin, Undang, Hinggil Permana, Ella Nurlailasari, and Taufik Mustofa, ‘Sosialisasi Model Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat Di Pondok Pesantren Syekh Quro Kabupaten Karawang’, Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5.2 (2021), 220 <https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i2.865>
Suriono, Zuhud, ‘Analisis SWOT Dalam Identifikasi Mutu Pendidikan’, ALACRITY : Journal of Education, 1.20 (2022), 94–103 <https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i3.50>
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
