EFEKTIVITAS KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TERPADU DI KABUPATEN JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v6i2.5860Kata Kunci:
Efektifitas, Kurikulum merdeka, mutu pendidikan, Pendidikan Agama IslamAbstrak
Artikel ini mendiskripsikan mengenai efektivitas kurikulum merdeka yang memuat penerapan kurikulum merdeka, peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam, dan efektivitas kurikulum merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian yakni pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan Wakil kepala Kurikulum dan Guru Pendidikan Agama Islam, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam belum mengalami peningkatan akhir secara efektif karena masih dalam proses penyesuaian. Akan tetapi dalam proses pembelajarannya siswa mulai menunjukkan peningkatan lebih baik dengan adanya praktikum atau proyek yang diberikan oleh guru siswa bisa lebih aktif, dan pembelajaran menjadi interaktif karena siswa diberi keleluasaan untuk memenejemen sendiri kegiatan dalam menyelesaikan menyakitkan. Sehingga siswa dapat memahami konsep dan pengetahuan secara lebih dalam.
Referensi
Alhamuddin, ‘Sejarah Kurikulum Di Indonesia’, Nur El-Islam, 1.2 (2014), 48–58
Bakir, Bilal, Omer Faruk Tekbas, Recai Ogur, Mustafa Alparslan Babayigit, Abdullah Kilic, and Serdar Ulus, ‘TUGAS DAN FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN’, Epidemiology, 23.36 (2012), 1 <https://doi.org/10.1097/01.ede.0000417167.61785.27>
Darise, Gina Nurvina, ‘Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan [FTIK] IAIN Manado Volume 02 Nomor 02 2021 Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization’, 02 (2021), 1–18
Elisa, ‘Pengertian, Peranan, Dan Fungsi Kurikulum’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53.9 (2013), 1689–99
Gusti, Gusti, and Masduki Masduki, ‘Regulasi Penjaminan Mutu Pendidikan Di Indonesia’, Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 11.1 (2022), 35–40 <https://doi.org/10.19109/intelektualita.v11i1.10724>
Gustiansyah, Kasna, Nur Maulidatis Sholihah, and Wardatuz Sobri, ‘Pentingnya Penyusunan RPP Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Belajar Mengajar Di Kelas’, Idarotuna : Journal of Administrative Science, 1.2 (2021), 81–94 <https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i2.10>
Hamzah, Mohamad Rifqi, Yuniar Mujiwati, Intan Mazidha Khamdi, M. Ibnu Usman, and M. Zainal Abidin, ‘Proyek Profil Pelajar Pancasila Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik’, Jurnal Jendela Pendidikan, 2.04 (2022), 553–59 <https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309>
Jojor, Anita, Hotmaulina Sihotang, and Universitas Kristen Indonesia, ‘EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Mengatasi Learning Loss Di Masa Pandemi Covid-19 ( Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan )’, 4.4 (2022), 5150–61
Maulinda, Utami, ‘Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka’, Tarbawi, 5.2 (2022), 130–38
Nabila, A. P., D. S. Ningrum, H Astri, I Nurdiana, and Demina, ‘Perubahan Kurikulum Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDN 15 Pulai Anak Air Bukittinggi’, Benchmarking: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7.1 (2023), 29–39
Nugraha, Tono Supriatna, ‘Inovasi Kurikulum: Kurikulum Merdeka Untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran’, Jurnal UPI, 2022, 251–62
Rahmadayanti, Dewi, and Agung Hartoyo, ‘Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 6.4 (2022), 7174–87 <https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431>
Supriadi, Agus, ‘Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan’, Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1.2 (2017), 147–60 <https://doi.org/10.35316/jpii.v1i2.45>
Tanjung, Rahman, Yuli Supriani, Annisa Mayasari, and Opan Arifudin, ‘Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan’, Jurnal Pendidikan Glasser, 6.1 (2022), 29 <https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481>
Wahira, Wahira, Abd Hamid, and Lukman HB, ‘Pelatihan Pemahaman Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Dasar’, EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1.2 (2023), 43–47 <https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i2.572>
https://ditsmp.kemdikbud.go.id/lima-prinsip-pembelajaran-dalam-kurikulum-merdeka
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
