PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL SANTRI MELALUI PROGRAM TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL QUR’AN CILACAP
Emotional Intelligence, Spiritual, Tahfid
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual.pada santri melalui program tahfidz. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Cilacap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) konsep dari program tahfidz yaitu mulai dari perencanaan kegiatan setoran rutinan, sima’an al-Qur’an, dan kegiatan tahsin Al-Qur’an, 2) Program tahfidz dilaksanakan tiga kali dalam sehari dengan membagi santri kedalam empat kelompok, kemudian pada saat berkumpul di majelis santri serentak meletakkan tangan kanan santri di atas kepala dengan membaca surah al A’la ayat 1-19 dilanjutkan dengan membaca penggalan sholawat burdah dengan tepuk pada dahi dan diakhiri pembacaan doa dan hajat masing-masing. 3) kecerdasan emosional dan spiritual santri cenderung meningkat. Para santri mampu mempelajari serta menguasai kecakapan tersebut apabila mempunyai motivasi dan usaha untuk memahami pengalaman emosi pribadi, memotivasi diri, memahami emosi orang lain, dan mengembangkan hubungan dengan orang lain. Begitu pula dengan kecerdasan spiritual, seseorang mampu mendekatkan diri kepada Pencipta dengan meningkatkan kemampuan spiritualitas, kemampuan menghadapi rasa penderitaan dan takut, mempunyai kualitas hidup, dan hidup penuh pengabdian dan bertanggung jawab.
Downloads
References
Fitriana & Aida. 2018. Kecerdasan Interpersonal dan Pengaruhnya terhadap Keberhasilan Santri Mahasiswa dalam Menghafal Al- Qur’an, Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al- Qur’an dan Hadist, Vol. 19, No. 1 tahun 2018
Ary Ginanjar Agustian. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual ESQ, Jakarta: Penerbit Arga
Suharsimi Arikunto. 2007. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format), and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).