Gadget Ini Membunuhmu: Urgensi Penyadaran atas Fenomena Problem Pendidikan Islam

Penulis

  • Robingun Suyud El Syam Universitas Sains Al-Qur’an ##default.groups.name.author##
  • Ali Mutafi Universitas Sains Al-Qur’an ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v5i1.5783

Abstrak

Artikel ini berfokus pada tujuan mengupas urgensi penyadaran budaya hidup sehat terhadap fenomena kecanduan gadget, dengan menspesifikasikan terhadap koneksi atas pendidikan Islam. Riset merupakan hasil temuan dari jenis penelitian kepustakaan kualitatif, dengan pendekatan teori penyadaran untuk kemudian ditarik pada urgensitas budaya belajar. Hasil penelitian menyimpulkan: pendidikan Islam fokus terhadap melatih sel-sel agar cerdas kembali, hingga dapat mencapai potensi fitrahnya melalui latihan jasmani khusus sehingga kecanduan gadget perlu dialihkan pada kegiatan positif. Penelitian merekomdasi penguatan kesadaran diri sebagai solusi atas kecanduan gadget. Tindakan tersebut meminimalisir resiko penyakit dan gangguan belajar. Riset diharapkan berkontribusi berkontribusi bagi dunia medis dan pendidikan Islam.

Referensi

Abbondanza, F, PS Dale, C Wang, and ME Hayiou-Thomas. “Correction to ‘Language and Reading Impairments Are Associated with Increased Prevalence of Non- Right- Handedness.’” Child Development 94, no. 4 (2023): 970–84. https://doi.org/10.1111/cdev.14004.
Akbar, Muhammad, Arismunandar Arismunandar, and Abdullah Sinring. “Design Character Building Model Based Islam for the Prisoners.” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 9, no. 2 (2022): 263–69. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v9i2.3419.
Al-Muhasibi, Al-Haris. Al-Masailu Fi A`maliil Quluubi Wal Jawarih. Bairut, Dar al-Kitab Ilmiyah, 2015.
Astasari. “6 Dampak Penggunaan Gadget Berlebihan.” Kemkes.Go.Id, 2022. https://ayosehat.kemkes.go.id/.
Aulia, Afianda Ghinaya. “Kebersihan Dan Kesehatan Lingkungan Menurut Hadis.” Jurnal Riset Agama 1, no. 1 (2021): 187–96. https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14367.
Bahri, Adnan Qurunul. “15 Potret Lucu Pelajar Saat Gunakan Gadget Di Kelas, Bikin Tepuk Jidat.” TECHPEDIA, 2022. https://www.techno.id/.
BSSN. “Waspada Dampak Buruk Gadget Pada Anak.” Badan Siber Dan Sandi Negara (BSSN), August 4, 2020. https://bssn.go.id/.
Creswell, John W., and Cheryl N. Poth. Qualitative Inguiry Research Design: Choosing Amoung Five Approaches. Fourth Edi. USA : SAGE Publications, 2017.
Daulay, Rachmadonna Shinta, Hidayah Pulungan, Adelia Noviana, and Siti Hurhaliza. “Manfaat Teknologi Smartphone Di Kalangan Pelajar Sebagai Akses Pembelajaran Di Masa Pandemi Corona-19.” Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2020): 29–43.
Detikcom. “Menohok! Meme Ini Sindir Pengguna Gadget.” Detiknet. January 18, 2018. https://inet.detik.com/.
El-Syam, Robingun Suyud. “Tetap Bahagia Dalam Pandemi Corona (Covid-19): Makna Hidup Dalam Otoritas Agama.” Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam 20, no. 1 (2020): 35–56. https://doi.org/10.32699/mq.v20i1.1613.
Fadhilah. “Fenomena Penggunaan Hand Phone (Hp) Di Era Informasi Bagi Keberadaanmanusia: Suatu Refleksi Filosofis Berdasarkan Pemikiran Heidegger Tentang ‘Being and Time.’” Jurnal Madani 1, no. 1 (2008): 41–50.
Fatkhurohman, Mohamad, and Robingun Suyud El Syam. “Relasi Sains Dan Agama: Materi Besaran Dan Satuan Dalam Meningkatkan Keimanan Peserta Didik.” Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA) 2, no. 1 (2023): 213–224. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v2i1.782.
Houseker, R. E. “Self-Awareness in Islamic Philosophy: Avicenna and Beyond by Jari Kaukua.” Journal of the History of Philosophy 56, no. 4 (2018): 750–51. https://doi.org/10.1353/hph.2018.0078.
Kelly, Stephanie, Bernadette Mazurek Melnyk, and Jacqueline Hoying. “Adolescents as Agents of Parental Healthy Lifestyle Behavior Change: COPE Healthy Lifestyles TEEN Program.” Journal of Pediatric Health Care 34, no. 6 (2020): 575–83. https://doi.org/10.1016/j.pedhc.2020.06.012.
Kementerian Agama. “Al-Qur’an Dan Terjemahannya.” Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2020.
Lagustya, Cherryn. “Bikin Si Kecil Malas, Ini 3 Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan HP, Coba Terapkan Moms!” Mom’s Corner. November 17, 2022. https://herstory.co.id/.
Leeder, Chris, and Chirag Shah. “Library Research as Collaborative Information Seeking.” Library and Information Science Research 38, no. 3 (2016): 202–11. https://doi.org/10.1016/j.lisr.2016.08.001.
Liu, Bingying, and Daiwen Yang. “Easily Established and Multifunctional Synthetic Nanobody Libraries as Research Tools.” International Journal of Molecular Sciences 23, no. 3 (2022): 1482. https://doi.org/10.3390/ijms23031482.
Manggena, Theresita Febriane, Kukuh Pambuka Putra, and Theresia Pratiwi Elingsetyo Sanubari. “Pengaruh Intensitas Bermain Game Terhadap Tingkat Kognitif (Kecerdasan Logika-Matematika) Usia 8-9 Tahun.” Satya Widya 33, no. 2 (2017): 146–153. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p146-153.
Mani, Nandita S., Michelle Cawley, Amanda Henley, Therese Triumph, and Joe M. Williams. “Creating a Data Science Framework: A Model for Academic Research Libraries.” Journal of Library Administration 61, no. 3 (2021): 281–300. https://doi.org/10.1080/01930826.2021.1883366.
Norlita, Wiwik, Isnaniar, and Tengku Wirdatul Hasanah. “Ketajaman Penglihatan Berdasarkan Intensitas Bermain Game Pada Anak SD Kelas 5 Dan 6 Di SD Al-Rasyid Pekanbaru.” Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan 10, no. 2 (2020): 137–46. https://doi.org/10.37859/jp.v10i2.1870.
PPPA. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak.” Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, August 4, 2022. https://dppkbpppa.pontianak.go.id/.
Reza, Iredho Fani. “Dimensions of Phubbing Among Moslem Adolescents in Revolution Industry 4.0: Perspective Mental Health.” In International Conference of Mental Health, Neuroscience, and Cyberpsychology, 62–70. Padang: Semantic Scholar, 2019. https://doi.org/10.32698/25259.
Saefullah, Muhammad, and Robingun Suyud El Syam. “Asistensi Penanganan Dan Pencegahan Stunting Di Desa Damarkasiyan Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo.” NUSANTARA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 2 (2022): 43–50. https://doi.org/10.55606/nusantara.v1i2.303.
Sodikin. “Bocah 4 Tahun Di Thailand Nyaris Buta Gara-Gara Kecaduan Gadget.” Islampos, January 24, 2022. https://www.islampos.com/.
Syam, Robingun Suyud El, and Salis Irvan Fuadi. “Reklamasi Iman Dalam Puasa Ramadhan.” Al Yazidiy : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2023. https://doi.org/10.55606/ay.v5i1.272.
Syam, Robingun Suyud El, and Adi Suwondo. “Aksentuasi Growth Mindset Dalam Pendampingan Penerapan Disiplin Positif Bagi Ustadz/Ustadzah Di Pesantren Di Jawa Tengah.” Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ 10, no. 1 (2023): 24–32. https://doi.org/10.32699/ppkm.v10i1.3377.
Takeuchi, H., Y. Taki, H. Hashizume, K. Asano, M. Asano, Y. Sassa, S. Yokota, Y. Kotozaki, R. Nouchi, and R. Kawashima. “Impact of Videogame Play on the Brain’s Microstructural Properties: Cross-Sectional and Longitudinal Analyses.” Molecular Psychiatry 21, no. 12 (2016): 1781–1789. https://doi.org/10.1038/mp.2015.193.
Yohana, Ade, and Sigit Mulyono. “The Impact of Digital Era: Intensity of Excessive Use of Gadget Causing Eating Difficulty on Children.” Enfermeria Clinica 23, no. 2 (2021): S6–9. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2020.10.005.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-12

Cara Mengutip

“Gadget Ini Membunuhmu: Urgensi Penyadaran Atas Fenomena Problem Pendidikan Islam”. 2022. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 5 (1): 89-101. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v5i1.5783.