TANTANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP INDIKATOR PEMAHAMAN DAN CAPAIAN KOMPONEN MANAJEMEN SEKOLAH

Penulis

  • Nunun Masnunah Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung ##default.groups.name.author##
  • Chaerul Rochman Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung ##default.groups.name.author##
  • Karman Karman Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1778

Kata Kunci:

manajemen sekolah, pemahaman, guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui salah satu komponen untuk meningkatkan mutu pendidikan yaitu komponen manajemen sekolah, untuk mengatahui pencapaian manajemen sekolah yaitu melalui pemahaman guru PAI dan guru non-PAI sebagai responden pada setiap indikatornya. Populasi pada penelitian ini adalah satuan pendidikan tingkat SMP/Mts. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Instrument yang digunakan adalah angket atau kuesioner tentang pemahaman komponen manajemen sekolah. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan google form yang disebarkan kepada 7 guru PAI dan 7 guru non-PAI. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemahaman antara guru PAI dan guru non-PAI memiliki tingkat pemahaman yang bervareasi, keduanya menunjukkan pemhaman yang baik meski perbedaannya tipis, dan terdapat indicator yang masih kurang dan perlu ditingkatkan kembali tentang pemahaman manajemen sekolah. Guru PAI dan guru non-PAI harus mampu dalam meningkatkan pengetahuannya dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Referensi

Alifiyah, I., Imron , A., & Juharyanto. (2019, Maret). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, Vol. 2 No. 1.
Fauzi, A. (2017, Juli ). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Nidhomul Haq, Vol. 2, No. 2.
Hidayat, A., & Machali, I. (2010). Pengelolaan Pendidikan; Konsep, Prinsip Dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Bandung: Pustaka Educa.
Kholifah, N., Rochman, C., Farida , I., & Basri, H. (2020, Juli-Desember). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memahami Standar Proses Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paramurobi, Vol. 3 No. 2.
Sastradiharja, E. J. (2018). Manajemen Sekolah Berbasis Mutu. Jurnal Mumtaz, Vol. 2, No. 2.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-10

Cara Mengutip

“TANTANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP INDIKATOR PEMAHAMAN DAN CAPAIAN KOMPONEN MANAJEMEN SEKOLAH”. 2021. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 4 (1): 70-78. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1778.