KAJIAN TEORITIK EVALUASI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i2.1574Kata Kunci:
Evaluasi, Pendidikan IslamAbstrak
Secara umum, kondisi pendidikan Islam, baik secara kualitas maupun kuantitas kurang menggembirakan. Terjadi jurang pemisah yang besar antara cita pendidikan yang diidealkan pada al-Qur’an dan realitas yang terjadi dalam kehidupan umat. Dengan kata lain, dalam penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh umat muslim itu, ada kesenjangan atau jurang yang sangat lebar antara tujuan doktrin agama dan realitas pengamalan antara cita dan fakta.
Referensi
Nata, Abudin. 2005. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama.
_______. 2010. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
_______. 2008. Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Prenada Media Group.
Al-Rasyidin dkk. 2005. Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, teoritis dan Praktis, Jakarta : Ciputat Press.
Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers.
Langgulung, Hasan. 1989. Manusia dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Arifin, M., 2009. Ilmu Pendidikan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara.
Thaha, M. Chabib. 1990. Tehnik-tehnik Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo.
Mas’ud, Abdurrahman. 2004. Antologi Studi Agama dan Pendidikan Islam, Semarang: Aneka Ilmu.
Muhaimin, at-al, tt. Ilmu Pendidikan Islam, Surabaya: Karya Abdi Tama.
Oemar Hamalik. 1982. Pengajaran Unit, Bandung: Alumni.
Ramayulis. 2008. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:Kalam Mulia.
_______. 2001. Metodologi Pengajara Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
_______. Tt. Metodologi Qur’an hadits, Jakarta: Kalam Mulia.
Saleh, Abdul Rachman. 2000. Pendidikan Agama dan Keagamaan Visi, Misi dan aksi. Jakarta: Gemawindu Pancaperkasa.
Arikunto, Suharsimi. 1990. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Tantowi, H. Ahmad. 2008. Pendidikan Islam di Era Transformasi Global, Semarang: PT Pustaka Rizki Putra.
Tayibnapis, Farida Yusuf. 2000. Evaluasi Program, Jakarta: Rineka Cipta.
Winataputra, Udin S, at-al. 1994. Belajar dan Pembelajaran, Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka.
Zuhairini, dkk. 1981. Metodik Khusus pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
