PENGEMBANGAN TEORI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW DAN CARL ROGERS MENGENAI BULLYING SERTA IMPLIKASINYA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Putri Nadha Setyaningrum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Ahmad Arifi
  • Jauhar Hatta
Kata Kunci: Bullying, Teori Humanisti, Madrasah Ibtidaiyah

Abstrak

Penelitian ini membahas pengembangan teori humanistik Abraham Maslow dan Carl Rogers dalam konteks bullying serta implikasinya pada Madrasah Ibtidaiyah. Permasalahan yang diangkat adalah tingginya prevalensi bullying, termasuk dalam dunia Pendidikan. Masalah bullying di kalangan siswa telah menjadi isu global yang mendapat perhatian serius. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research). Data dikumpulkan melalui proses seleksi, pencarian, penyajian, dan analisis bahan pustaka. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bullying dari sisi pengembangan teori Humanistik Abraham Maslow dan Carl Rogers serta implikasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan teori humanistik Abraham Maslow dan Carl Rogers mengenai bullying berimplikasi yang positif untuk Madrasah Ibtidaiyah. Bullying dari sisi pengembangan teori kedua tokoh tersebut, kita dapat lebih memahami bagaimana pentingnya pemenuhan kebutuhan dasar manusia dan pembentukan hubungan interpersonal yang sehat dalam mengatasi dan mencegah perilaku bullying. Bullying bukan hanya sebagai perilaku sosial yang merugikan, tetapi juga sebagai manifestasi dari ketidakmampuan individu untuk memenuhi kebutuhan dasar psikologisnya, baik sebagai korban maupun pelaku. Dengan menciptakan lingkungan yang aman, mengembangkan empati, membangun identitas positif, dan melibatkan semua pihak sekolah, bullying dapat diminimalisasi, dan siswa dapat tumbuh menjadi individu yang lebih baik dan berakhlak mulia.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

A, Dini Nahdiyah, Muhammad Nur Hadi A, and Anang Sholekhudin. “Inovasi E-Modul Berbasis MooDis Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Ma’arif Durensewu Pandaan.” JDPP : Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 12, no. 2 (2024).
Aiman, Ghiyats, Ahmad Arifi, and Maryono. “Perspektif Humanistik Abraham Maslow Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Atas.” Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 4, no. 3 (2022): 349–58.
Akip, Muhamad, and Candres Abadi. “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI BULLYING ( Studi Kasus Di SMPIT Nur Riska Lubuklinggau ).” TA’LIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (2023).
Caliccho, Stefano. Abraham Maslow, Dari Hierarki Kebutuhan Hingga Pemenuhan Diri. Milan: Stefano Caliccho, 2023.
Damanik, Muhd Hayyanul, Dkk. “Peran Guru Madrasah Ibtidaiyah Sebagai Agen Pembelajaran Literasi Humanis.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 5, no. 6 (2025): 121–29.
Ervin Yuniarti Ning Tyas. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Bullying Melalui Penerapan Guru Sahabat Anak.” Istifkar 3, no. 1 (2023): 54–70. https://doi.org/10.62509/ji.v3i1.77.
Insani, Farah Dina. “TEORI BELAJAR HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW DAN CARL ROGERS SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” As-Salam I 2, no. VIII (2019): 209–30.
Iswati, and Chusnul Rohaningsih. “Pembelajaran PAI Melalui Pendekatan Humanistik Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi.” Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2021): 81–91. https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/1093.
K., Christofora. Mengenal Jenis-Jenis Bullying Dan Bagaimana Mencegahnya. Yogyakarta: Cahaya Harapan, 2023.
Labaso, Syahrial, and Ratna Hestiana. “Pengembangan Teori Pembelajaran Humanisme Menurut Jurgen Habermas Serta Relevansinya Dalam Pendidikan Islam.” ECIE Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 02, no. 01 (2021): 28–51.
Maelani, Reynaldi Aldiansyah, and Ira Wahyudi. “PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENANAMKAN ETIKA DAN MORAL SEBAGAI SOLUSI MENGATASI BULLYING DILINGKUNGAN PENDIDIKAN.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 7, no. 3 (2024): 8445–50.
Maisah, Siti. “BULLYING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2020): 147–63.
Marwadi, Ferika Aulia, and Sabarudin. “Implementasi Teori Belajar Humanisme Dalam Pembelajaran PAI Kelas VII Di SMP Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta.” JDPP: Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 11, no. 1 (2023).
Maslow, Abraham. Psikologi Tentang Pengalaman Religious. Yogyakarta: IRCiSoD, 2021.
Masnah, Siti Laily, MumuKomarob, and Kamin Sumardi. “Kompetensi Digital Guru SMK Menghadapi Tantangan Pembelajaran Digital.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 12, no. 2 (2024).
Mujib, Zulfikar, and Suyadi. “Teori Humanistik Dan Implikasi Dalam Pembelajaran PAI Di SMA Sains Alquran Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2020): 11–23.
Munawir, Roichatuzzuhriyah Filailatil Fitriyah, and Salsabila Artamevia Khoirunnisa. “FENOMENA BULLYING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” Studia Religia: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8, no. 1 (2024): 29–39.
Nevid, Jeffrey S. Psikologi Konsepsi Dan Aplikasi. Bandung: Penerbit Nusa Media, 2018.
Nevid, Jefrey S. Tentang Kepribadian: Konsepsi Dan Aplikasi Psikologi. Nusamedia, 2021.
Nurnaesih, Nurnaesih, Eneng Muslihah, and Umi Kultsum. “HAKIKAT PSIKOLOGI SEBAGAI LANDASAN DALAM PEMBELAJARAN PAI.” PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 7, no. 1 (June 4, 2024): 78–93. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i1.7211.
Saputri, Sela. “Pentingnya Menerapkan Teori Belajar Humanistik Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Jenjang Sekolah Dasar.” EduBase : Journal of Basic Education 3, no. 1 (2022). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.47453/edubase.v3i1.568.
Sari, Evi Dian, and Juli Amaliya Nasucha. “Implementasi Teori Kebutuhan Bertingkat Maslow Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MI Darussalam Balongbendo Sidoarjo Implementation of Maslow ’ s Multilevel Needs Theory in Increasing Student Learning Mo.” JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara 1, no. 5 (2024): 6553–64.
Shaker, Thanaa. “Islam in Education: How Marginalizing Islamic Curriculum from Egypt’s National Education Has Contributed to Religious Extremism.” Attarbiyah: Journal of Islamic Culture and Education 8, no. 2 (2023).
Titin Patmawati. “Problem Dan Solusi Bullying Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 7 (2024): 4741–45.
Utami, Auliya. “PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS MUATAN LOKAL DAN IMPLEMENTASINYA DI SMPN 4 DAN MTS MANGKU ALAM KONGBENG.” PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 7, no. 1 (June 1, 2024): 1–11. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i1.6837.
Utami, Erna Nur. “Teori Belajar Humanistik Dan Implementasinya.” Jurnal MUDARRISUNA 10, no. 4 (2020): 571–84.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.
Diterbitkan
2025-06-05
##submission.howToCite##
Setyaningrum, Putri Nadha, Ahmad Arifi, dan Jauhar Hatta. 2025. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 8 (1), 199-219. Diakses 4 Oktober 2025. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/paramurobi.v8i1.9410.