INOVASI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS KISAH AL-QUR’AN: MENELAAH INSPIRASI DAN IMPLEMENTASI DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN
Abstrak
Pendidikan Islam berkaitan erat dengan kisah Al-Qur’an. Banyak Pendidikan Islam yang terkandung dalam kisah Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menelaah kisah Al-Qur’an sebagai sumber inovasi bagi pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan pendekatan deskriptif yang bersifat kualitatif. Pada penelitian ini ditemukan bahwa dalam kisah Al-Qur’an terdapat banyak inspirasi untuk diterapkan dalam pendidikan Islam. Mengintegrasikan kisah Al-Quran ke dalam kurikulum dapat meningkatkan pengalaman pendidikan dan pertumbuhan spiritual siswa. Terdapat nilai-nilai pendidikan islam dalam kisah Al-Qur’an, diantaranya, nilai Pendidikan tauhid, nilai Pendidikan intelektual, nilai Pendidikan akhlak, nilai Pendidikan seksual, nilai Pendidikan spiritual dan nilai Pendidikan demokrasi. Adapun metode dari kisah Al-Qur’an yang dapat diterapkan dalam pendidikan Islam, seperti metode tarhib, metode keteladanan, metode ‘ibrah, metode belajar tuntas, dan lainnya. Implikasi dari penelitian ini yaitu, pendidikan Islam dapat diperkaya dan diperdalam melalui eksplorasi kaya nilai-nilai pendidikan yang terkandung dari kisah Al-Qur’an serta apa yang ada dibaliknya. Sehingga berimplikasi pada perkembangan serta peningkatan pada Pendidikan Islam.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Al-Qaththan, Syaikh Manna. “Mabahis Fi Ulum Al-Qur’an Terj. Aunur Rafiq El-Mazni, Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an,” 2015.
Anshori, Muh. “Pengaruh Kisah-Kisah Al- Qur ’ An Dalam Aktivitas Pendidikan.” Muh Anshori 3, No. 2 (2020): 155–67. Https://Stai-Binamadani.E-Journal.Id/Jurdir.
Aqib, Zainal, And Ali Murtadlo. A-Z Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Referensi, 2022.
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium Iii. Jakarta: Kencana, 2012.
Darmadi. Kecerdasan Spiritual. Lampung: Guepedia, 2018.
Darmayanti, Hani. “Kisah-Kisah Dalam Al-Quran Dalam Perspektif Pendidikan.” Jurnal Edukatif 5, No. 1 (2019): 66–72. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37567/Jie.V5i1.58.
Febriana, Rina. Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara Group, 2019.
Fridiyanto. Kaum Intelektual Dalam Catatan Kaki Kekuasaan. Lampung: Gre Publishing, 2017.
Gunawan, Heri. Pendidikan Islam Kajian Teoritis Dan Pemikiran Tokoh. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2014.
Hasibuan, Muslim. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kisah Al-Qur’an.” Uin Sunan Kalijaga, 2015.
Humaedah, Humaedah. “Kisah-Kisah Dalam Al-Qur’an Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pai Raden Fatah 3, No. 2 (April 30, 2021): 111–23. Https://Doi.Org/10.19109/Pairf.V3i2.8088.
Husamah, Arina Restian, And Rohmad Widodo. Pengantar Pendidikan. Malang: Ummpress, 2019.
Langeningtias, Utari, Nidya Ulfah, And Ana Novitasari. “Kepemimpinan Pendidikan Menurut Prespektif Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2, No. 8 (2021): 1453–64. Https://Doi.Org/10.36418/Japendi.V2i8.255.
Majid, Muhammad Syahdan, And Abdul Rohman. “Kisah Dalam Al-Qur’an Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keguruan 2, No. 1 (2023). File:///C:/Users/Personal/Downloads/3833-17806-2-Pb.Pdf.
Maragustam. “Kisah-Kisah Qur’ani Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Kependidikan Islam 1, No. 2 (2004).
Muktamar, Ahmad, Muhammad Subhan Iswahyudi, Amjad Salong, Alice Yeni Verawati, Rahmatiyah, Slamet Riyadi, Maryani Kusumawati, Lilis Rohaeti, And Ferdinand Salomo Leuwol. Manajemen Pendidikan (Konsep. Tantangan, Dan Strategi Di Era Digital). Jambi: Pt. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
Nasrudin, Moh. Pengantar Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Pekalongan: Pt. Nasya Expanding Management, 2021.
Nurnaesih, Nurnaesih, Eneng Muslihah, And Umi Kultsum. “Hakikat Psikologi Sebagai Landasan Dalam Pembelajaran Pai.” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 7, No. 1 (June 4, 2024): 78–93. Https://Doi.Org/10.32699/Paramurobi.V7i1.7211.
Suparman, Tarpan. Kurikulum Dan Pembelajaran. Purwodadi: Cv. Sarnu Untung, 2020.
Susanti. Persepsi Dan Cara Pemberian Pendidikan Seksual Pada Anak Tk. Indramayu: Cv. Adanu Abimata, 2020.
Syamsuardi, Ezi Mulia, Abdurrasyid Ridha, Dilla Yolanda, And Tasya Hudia. “Peran Guru Dalam Membentuk Lingkungan Belajar Multikultural Yang Inklusif.” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 7, No. 1 (June 4, 2024): 63–77. Https://Doi.Org/10.32699/paramurobi.v7i1.6357.
Syamsurijal, Munzir Hitami, and Kadar M. Yusuf. “Analisis Kisah Nabi Ibrahim Dalam Al-Qur’an Perspektif Pendidikan.” Al-Muthaharah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 20, no. 1 (2023).
Utami, Auliya. “Pengembangan Kurikulum Berbasis Muatan Lokal dan Implementasinya Di Smpn 4 dan Mts Mangku Alam Kongbeng.” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 7, No. 1 (June 1, 2024): 1–11. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i1.6837.
Wathoni, Lalu Muhammad Nurul. Kuliah Al-Qur’an: Kajian Al-Qur’an Dalam Teks Dan Konteks. Mataram: Sanabil, 2021.
Zein, Ali Hasan. Metode-Metode Mengajar Perspektif Al-Qur’an Hadis Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2023.
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).