Pengaruh E-Commerce, Social Media, Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha
Abstract
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh e-commerce, social media, penggunaan SIA dan pengetahuan kewirausahaan terhadap pengambilan keputusa berwirausaha pada mahasiswa program studi akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo.
Metode – Pengambilan sampel pernelitian ini dilakukan dengan metode Purposive Sampling yang berjumlah 130 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data memakai analisis regresi linear berganda (SPSS).
Hasil - Penelitian ini menunjukkan hasil dari regresi linear berganda e-commerce terhadap pengambilan keputusan berwirausaha (ditolak). Sedangkan social media, penggunaan SIA dan pengetahuan kewirausahaan terhadap pengambilan keputusan berwirausaha (diterima). Koefisien R Square sebesar 37,2% yaitu persentase pengaruh e-commerce (X1), social media (X2), penggunaan SIA (X3) dan pengetahuan kewirausahaan(X4) terhadap pengambilan keputusan berwirausaha (Y) pada mahasiswa akuntansi FEB UNSIQ. Sedangkan sisanya sebanyak 62,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Hasil pengujian diperoleh nilai F hitung > F tabel = 20,076 > 2,44 artinya model penelitian ini memenuhi kriteria Goodness of Fit.
Implikasi - Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pemerintah dalam upaya mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia, dengan menciptakan lebih banyak peluang usaha yang berkelanjutan..
Orisinalitas - Penelitian ini di harapkan dapat memberikan kontribusi sebagai referensi dalam kajian akademik prodi akuntansi, sehingga dapat mendukung pengembangan keterampilan mahasiswa dan mendorong tumbuhnya minat berwirausaha di kalangan mereka.