Pengaruh E-Commerce, Social Media, Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha

  • Hidayatun Munawaroh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Nanang Agus Suyono Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Sri Hartiyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Desy Wulandari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords: E-Commerce, Social Media, Penggunaan SIA, Pengetahuan Kewirausahaan, Pengambilan Keputusan Berwirausaha

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh e-commerce, social media, penggunaan SIA dan pengetahuan kewirausahaan terhadap pengambilan keputusa berwirausaha pada mahasiswa program studi akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo.

Metode – Pengambilan sampel pernelitian ini dilakukan dengan metode Purposive Sampling yang berjumlah 130 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data memakai analisis regresi linear berganda (SPSS).

Hasil - Penelitian ini menunjukkan hasil dari regresi linear berganda e-commerce terhadap pengambilan keputusan berwirausaha (ditolak). Sedangkan social media, penggunaan SIA dan pengetahuan kewirausahaan terhadap pengambilan keputusan berwirausaha (diterima). Koefisien R Square sebesar  37,2% yaitu persentase pengaruh e-commerce (X1), social media (X2), penggunaan SIA (X3) dan pengetahuan kewirausahaan(X4) terhadap pengambilan keputusan berwirausaha (Y) pada mahasiswa akuntansi FEB UNSIQ. Sedangkan sisanya sebanyak  62,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Hasil pengujian diperoleh nilai F hitung > F tabel = 20,076 > 2,44 artinya model penelitian ini memenuhi kriteria Goodness of Fit.

Implikasi - Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pemerintah dalam upaya mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia, dengan menciptakan lebih banyak peluang usaha yang berkelanjutan..

Orisinalitas - Penelitian ini di harapkan dapat memberikan kontribusi sebagai referensi dalam kajian akademik prodi akuntansi, sehingga dapat mendukung pengembangan keterampilan mahasiswa dan mendorong tumbuhnya minat berwirausaha di kalangan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-06-28
How to Cite
MunawarohH., SuyonoN., HartiyahS., & WulandariD. (2025, June 28). Pengaruh E-Commerce, Social Media, Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Perbankan Syariah, 5(3), 54-66. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/jamasy.v5i3.9847
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)