Aplikasi Akuntansi Berbasis Website Menggunakan Bahasa Pemrogaman Python

  • Yuniar Laeli Nur Faizah STIMIK Tunas Bangsa Banjarnegara
  • Rivaldy Ariesto Aji STIMIK Tunas Bangsa Banjarnegara
  • Sri Hartiyah Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Aplikasi, Akuntansi, Website, Python

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kebutuhan aplikasi akuntasi yang dapat membantu mempermudah dan mempercepat proses pengelolaan keuangan pada STIMIK Tunas Bangsa Banjarnegara. Dengan bantuan komputerisasi pada pengolahan keuangan, kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh majunya teknologi dapat membantu dalam penghematan waktu yang digunakan untuk memprosesnya, dibandingkan dengan menggunakan cara lama yaitu secara manual. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membangun Aplikasi akuntasi berbasis website dalam pengolahan akuntasi dan pelaporan keuangan di STIMIK Tunas Bangsa Banjarnegara. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan perangkat lunak dengan metode prototype. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui proses wawancara dan dokumentasi. Dengan terbuatnya aplikasi akunatasi di STIMIK Tunas Bangsa Banjarnegara dapat mempermudah dan mempercepat dalam proses pengolalan keuangan, yang dapat dilihat dari hasil pengujian dengan menggunakan Audit Web Lighthouse dapat disimpulkan bahwa aplikasi tersebut dapat mempermudah dan mempercepat dalam proses pengolahan keuangan serta dapat menghindari dari human error. Aplikasi tersebut terdiri dari proses pengolahan, pencarian, transaksi jurnal umum, laporan neraca, dan laporan laba rugi.

 Tujuan- Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membangun Aplikasi akuntasi berbasis website dalam pengolahan akuntasi dan pelaporan keuangan di STIMIK Tunas Bangsa Banjarnegara.

 Metode – Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan perangkat lunak dengan metode prototype

 Hasil - Dengan aplikasi akuntansi di STIMIK Tunas Bangsa Banjarnegara dapat mempermudah dan mempercepat dalam proses pengolalan keuangan, yang dapat dilihat dari hasil pengujian dengan menggunakan Audit Web Lighthouse dapat disimpulkan bahwa aplikasi tersebut dapat mempermudah dan mempercepat dalam proses pengolahan keuangan serta dapat menghindari dari human error.

 Implikasi - Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kebutuhan aplikasi akuntansi yang dapat membantu mempermudah dan mempercepat proses pengelolaan keuangan pada STIMIK Tunas Bangsa Banjarnegara.

 Orisinalitas - Dengan bantuan komputerisasi pada pengolahan keuangan, serta keungulanyang dimiliki oleh majunya teknologi dapat membantuhemat waktu yang digunakan untuk memprosesnya, dibandingkan dengan menggunakan secara manual

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-27
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 343 times
PDF downloaded = 241 times