ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN PUBLIK, COMPANY GROW, PROFITABILITY, DAN INVESMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI

(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Konsumsi Yang Terdaftar di BEI tahun 2018 sampai 2021)

  • Soliyah Soliyah Program Studi Akuntansi Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
  • Sri Hartiyah Program Studi Akuntansi Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
  • Agus Putranto Program Studi Akuntansi Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
Keywords:
Konservatisme Akuntansi, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Publik, Company Grow, Profitability, Invesment Opportunity Set (IOS)

Abstract

Tujuan - Untuk mengetahui: (1) Pengaruh ukuran perusahaan terhadap konservatisme akuntansi. (2) Pengaruh kepemilikan publik terhadap konservatisme akuntansi. (3) Pengaruh company  grow terhadap konservatisme akuntansi. (4) Pengaruh profitability  terhadap konservatisme  akuntansi. (5) Pengaruh Invesment Opportunity Set (IOS) terhadap konservatisme akuntansi.

Metode – Menggunakan analisis regresi linier berganda SPSS vr 21. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor konsumsi yang terdaftar di BEI Periode 2018 sampai 2021 dengan jumlah 73 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purpose sampling, sehingga dalam penelitian ini diambil 23 perusahaan yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi. (2) Kepemilikan publik tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi (3) Company grow tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi. (4) Profitability berpengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi. (5) Invesment opportunity set tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi.

Implikasi - Penelitian ini menggunakan data laporan keuangan tahunan perusahaan manufaktur sektor konsumsi di BEI Periode 2018 sampai 2021.

Orisinalitas - Makalah ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi konservatisme akuntansi dengan tujuan untuk membantu manajer dalam menerapkan sikap konservatif dalam pelaporan keuangan, serta membantu investor maupun kreditor dalam melakukan atau memberikan pinjaman dengan menganalisis laba.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-26
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 161 times
PDF downloaded = 139 times