Pengaruh Etika Profesi Akuntan, Orientasi Etist, Tingkat Pengetahuan Akuntansi, Jenis Perguruan Tinggi Terhadap Persepsi Mahasiswa Mengenai Creative Accounting
(Studi Pada Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo)
Creative Accounting Etika, Profesi Akuntan, Orientasi Etis, Tingkat Pengetahuan Akuntansi, Jenis Perguruan Tinggi, Creative Accounting
Abstract
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh etika profesi akuntan, orientasi etis, tingkat pengetahuan akuntansi, jenis perguruan tinggi terhadap creative accounting(studi kasus pada mahasiswa ekonomi , universitas sains al quran jawa tengah di wonosobo. Data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara membagikan kuesioner secara langsung kepada mahasiswa Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sains Al Quran Jawa Tengah.
Metodologi - Populasi penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi angkatan 2105 Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, kemudian menggunakan uji statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heterokedastisitas, uji F, dan pengujian hipotesis meliputi uji koefisien determinasi dan uji signifikan koefisien regresi dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaetika profesi akuntan, orientasi etist, tingkatpengetahuan akuntansi, jenis perguruan tinggi berpengaruh positif terhadap creative accounting