Pengaruh Aset Pajak Tangguhan, Beban Pajak Tangguhan Dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba

Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2016 sampai 2019

  • Yuliana Maulida Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
  • Sri Hartiyah Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
  • Agus Putranto Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Aset Pajak Tangguhan, Beban Pajak Tangguhan, Perencanaan Pajak, Manajemen Laba

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Aset Pajak Tangguhan, Beban Pajak Tangguhan, dan Perencanaan Pajak terhadap Manajamen Laba pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016 sampai 2019.

 

Model Penelitian: Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2016 sampai 2019. Data diambil melalui website BEI berupa data-data kuantitatif yang terdapat dalam laporan keuangan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling method. Setelah dilakukan proses pemilihan sampel, diketahui jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 48 laporan tahunan perusahaan dari 12 sampel perusahaan dengan periode pengamatan dari tahun 2016 sampai 2019. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS Statistics v. 26.

 

Hasil: Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Aset Pajak Tangguhan dan Perencanaan Pajak tidak berpengaruh terhadap ManajemenLaba. Sementara itu, Beban Pajak Tangguhan berpengaruh positif terhadap Manajemen Laba.

 

Keterbatasan: Dalam penelitian ini tidak terlepas dari keterbatasanya itu jumlah sampel penelitian yang sedikit dan penelitian ini hanya mampu menjelaskan 24,6% saja, sedangkan sisanya sebesar 65,4% dijelaskan oleh faktordiluar model penelitian ini.

 

Agenda penelitian yang akan datang: Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah objek penelitian dan menambah periode amatanannual report agar tindakan manajemen laba dari tahun ketahun dapat diperbandingkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-29
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 339 times
PDF downloaded = 250 times