Pengaruh Pengetahuan Awal, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial, Perilaku Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Pemahaman Akuntansi Mahasiswa
Pengetahuan awal, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial, perilaku belajar, lingkungan keluarga, pemahaman akuntansi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan awal, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial, perilaku belajar dan lingkungan keluarga terhadap pemahaman akuntansi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 responden dari mahasiswa prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo yang didapat melalui Teknik pengambilan sampel random sampling dan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan awal berpengaruh positif terhadap kinerja pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap kinerja pemahaman akuntansi. Kecerdasan spiritual berpengaruh negatif terhadap kinerja pemahaman akuntansi. Kecerdasan sosial berpengaruh positif terhadap kinerja pemahaman akuntansi. Perilaku belajar berpengaruh positif terhadap kinerja pemahaman akuntansi dan Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap kinerja pemahaman akuntansi.
Penelitian ini hanya terbatas pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah, Untuk penelitan selanjutnya diharapkan dalam metode pengumpulan datanya dapat berupa wawancara dari beberapa mahasiswa yang menjadi responden penelitian agar bisa mendapatkan data yang lebih nyata. Penelitian ini hanya dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman akuntansi sebesar 71,8% sehingga masih ada 28,2% variabel-variabel lain diluar variabel yang diteliti.