Efek Life Style dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang di Mediasi oleh Variabel Brand Image

  • M. Trihudiyatmanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Brand Image, lifestyle, influnecer marketing, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lifestyle dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian produk virtual Mobile Legengds pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an.

Metodologi- Data yang digunakan yaitu data primer yang berasal dari responden langsung. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Dengan menggunakan rumus hair jumlah sampel yang digunakan adalah 150 mahasiswa, yang layak diolah sebanyak 145. Data dianalisis menggunakan Structural  Equation Modelling (SEM).

Hasil- Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif antara lifestyle terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai CR 3.223 > 1.96 dengan signifikansi 0.001 < 0.05. Influencer marketing tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai CR 1.383 < 1.96 dengan signifikansi 0.167 > 0.05. Lifestyle tidak berpengaruh terhadap brand image, hal ini dibuktikan dengan nilai CR 1.156 < 1.96 dengan signifikansi 0.248 > 0.05. Influencer marketing berpengaruh terhadap brand image dibuktikan dengan nilai CR 2.064 > 1.96 dengan signifikansi 0.039 < 0.05 dan. Brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai CR 1.972 > 1.96 dengan signifikansi 0.041 < 0.05. Brand image memediasi pengaruh hubungan influencer marketing terhadap keputusan pembelian, tetapi tidak untuk life style.

Implikasi – Penelitian ini dapat menjadi pijakan para wirausaha untuk mengambil keputusan yang berkaiatan dengan lifestyle dan influnecer marketing untuk mengembangkan usahanya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-29
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 110 times
PDF downloaded = 52 times