Pengaruh E-Wom, Viral Marketing, Servicescape Dan Service Quality Terhadap Purchase Decision Konsumen
( Studi Di The Heaven Glamping Resto Wonosobo)
E-wom, Viral Marketing, Servicescape, Service Quality, Purchase Decision konsumen.
Abstract
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-wom, viral marketing, servicescape, dan service quality terhadap purchase decision konsumen di The Heaven Glamping Resto Wonosbo.
Metodologi - Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada para konsumen di The Heaven melalui google form. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang ditentukan menggunakan rumus Hair. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistic deskriptif, uji kualitas data, uji f, uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan menggunakan analisis linier berganda dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian - Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang diajukan yaitu e-wom, viral marketing, servicescape dan service quality berpengaruh positif terhadap variabel purchase decision.
Keterbatasan - Dalam proses mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan, jawaban yang diberikan responden terkadang tidak memberikan pendapat yang sebenarnya. Hal ini dapat dipengaruhi dari berabagai faktor seperti pemahaman pada kuesioner serta kejujuran.
Implikasi - Sebagai bahan pertimbangan dan acuan yang dapat diterapakan oleh pihak The Heven Glamping Resto Wonosobo dalam mendorong purchase decision konsumen melalui gabungan strategi pemasaran yaitu aspek layanan, teknologi dan promosi.