METODE PEMBELAJARAN PRAKTIK FIQIH IBADAH DALAM PENINGKATAN SIKAP SPIRITUAL SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 WONOSOBO

  • Umi Latifatul Fitriyah Universitas Sains Al-Quran
  • Moh Sakir
  • Ali Imron
Keywords:
Metode Praktik pembelajaran Fiqih Ibadah, Sikap Spiritual.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana konsep metode pembelajaran praktik fiqih ibadah yang digunakan guru dalam peningkatan sikap spiritual siswa 2) Mengetahui penerapan metode pembelajaran praktik fiqih ibadah yang digunakan pengajar pada peningkatan perilaku spiritual siswa 3) Mengetahui bagaimana faktor prndukung dan  penghambat pada pelaksanaan metode praktik fiqih ibadah dalam peningkatan perilaku spiritual peserta didik. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja perilaku-sikap spiritual.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif menggunakan jenis penelitiannya bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu memakai teknik observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. lalu, sumber data diperoleh berasal sumber data primer dan sekunder (Wawancara langsung menggunakan subjek penelitian, serta dokumentasi berupa foto, data data, dan lain sebagainya). Adapun teknik analisis yang digunakan adalah yakni melakukan penelitian terhadap penerapan pembelajaran praktik ibadah pada Mata Pelajaran fiqih pada kelas VII MTsn 2 Wonosobo. Peneliti membuat catatan lapangan dan catatan wawancara lengkap juga mendeskripsikan yang akan terjadi wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode pembelajaran praktik fiqih seringkali dilakukan oleh guru mata Pelajaran fiqih. sehingga pada penerapannya menjadikan peningkatan perilaku spiritual siswa di MTs Negeri 2 Wonosobo. Bentuk sikap spiritual siswa adalah, peserta didik memilki kesadaran untuk melaksanakan kewajiban menjadi hamba Allah SWT, peserta didik saling toleransi/menghargai dalam proses pembelajaran, Tumbuhnya rasa ingin tahu, berfikir kritis, tanggung jawab serta bekerja sama. 2) Penerapan metode pembelajaran praktik fiqih ibadah pada peningkatan sikap spiritual peserta didik kelas VII MTSN 2 wonosobo menggunakan tiga tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, serta dilakukan menggunakan cara pembiasaan-pembiasaan Islami yaitu shalat dhuha berjamaah, dan shalat dhuhur berjamaah 3) Faktor-faktor pendukung penerapan ialah tersedianya sarana serta prasarana. Adapun faktor-faktor penghambatnya artinya kurangnya dukungan dari orang tua.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Islam, (Jakarta:Remaja Rosdakarya).
Deddy Mulyana. 2018. Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).
Hasil Observasi Peneliti Dikelas VII D, tanggal 29 Februari 2023
Hasil wawancara dengan ibu Ni’matun, Guru Fiqih di Madrasah Tsanawiyah, tanggal 28 Februari 2024, ditempat ruang guru.
Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif, Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Mardawani. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif, Yogyakarta: CV Budi Utama.
Miftakhul Hanifa. 2012. “Pengantar” dalam Zainal Arifin, Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Rosdakarya)
Muhibbin Syah. 2005. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosadakarya)
Suci Romadhon. 2009. Guru Profesional, Pembimbingan Praktir Pemikir, (Jakarta:PT Indeks Permata Puri Media).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif R&D, (Alfabeta: Bandung).
dalam menjalani kehidupan di Masyarakat nantinya.
5. DAFTAR PUSTAKA
Published
2024-06-27
How to Cite
FitriyahU., SakirM., & ImronA. (2024, June 27). METODE PEMBELAJARAN PRAKTIK FIQIH IBADAH DALAM PENINGKATAN SIKAP SPIRITUAL SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 WONOSOBO. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 4(1), 36-42. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v4i1.7026

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>