PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA MA I’ANATUL QUR’AN SELOKROMO WONOSOBO

  • A’ifatuzzahro A’ifatuzzahro
  • Mukromin Mukromin
  • Ali Imron
Keywords:
Peran Guru, Akidah Akhlak, Akhlakul Karimah Siswa

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk: (1)Untuk mengetahui peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa, (2)Untuk mengetahui akhlak siswa di Ma I’anatul Qur’an, dan (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa MA I’anatul Qur’an Wonosobo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk uji keabsahan datanya penulis menggunakan analisis dan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, analisis data, tahap penarikan kesimpulan dan verivikasi.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang penulis lakukan di MA I’anatul Qur’an Wonosobo, peran guru akidah akhlak dalam proses belajar belajar berjalan dengan baik. Terbukti banyak siswa yang sudah memahami materi yang diajarkan dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, meskipun belum keseluruhan. Akhlak yang lebih ditekankan di sekolah ini antara lain akhlak sopan santun kepada guru, toleransi pada sesama, sabar, tanggung jawab, sabar dan lain sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Jumhuri, Muhammad Asroruddin. 2015. Belajar Akidah Akhlak. Yogyakarta: CV Budi Utama
Ilyas Yunahar.2007. Kuliah Akidah Akhlak. Yogyakarta:LPPI.
Kutsiyyah.2021. Pembelajaran Akidah Akhlak. Pamekasan: Duta Media Publishing.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Mardianto. 2012. Psikologi Pendidikan. Medan, Perdana Publishing.
Nasirudn. Pendidikan Tsawuf .Semarang: Rasail Media Grup
Rahmadi. 2011. Pengantar Metode Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.
Rohmah, Siti. 2021. Buku Ajaran Akhlak Tasawuf. Pekalongan : PT Nasya Expanding Management.
Sinagian, Nanci Florida dkk. Guru dan Perubahan: Peran Guru di Dunia Pendidikan dan Pembangunan Sumber Daya Manusia. Medan: Global Aksara Pers
Published
2023-01-16
How to Cite
A’ifatuzzahroA., MukrominM., & ImronA. (2023, January 16). PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA MA I’ANATUL QUR’AN SELOKROMO WONOSOBO. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 2(2), 1-5. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v2i2.4158

STATISTICS

Abstract viewed = 219 times
pdf downloaded = 152 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>