Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Dengan Metode Iqra’ di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah Kalibeber Mojotengah Wonosobo
Pembelajaran Ilmu Tajwid, Metode Iqra’
Abstract
Penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran ilmu tajwid dengan metode Iqra’ di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah, untuk mengetahui pembelajaran ilmu tajwid dengan metode Iqra’ di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah, dan untuk mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat pembelajaran ilmu tajwid dengan metode Iqra’ di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Subjek awal di dalam penelitian ini adalah santri baru Blok F Putri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah yang berjumlah 20 orang. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil didalam penelitian menunjukkan implementasi pembelajaran ilmu tajwid dengan metode Iqra’ di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah menerapkan dua sistem pembelajaran, yaitu: klasikal dan individual. Kemudian teknik evaluasi pembelajaran ini dengan menggunakan dua cara yaitu evaluasi harian dan evaluasi kenaikan jilid. Adapun faktor Pendukung implementasi pembelajaran ilmu tajwid dengan metode Iqra’ di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah adalah adanya ustadzah yang sudah memiliki syahadah, pembelajaran yang bertahap, dan fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat implementasi pembelajaran ilmu tajwid ini yaitu didalam penggunaan waktu yang terlalu singkat, ada kegiatan lain yang menjadikan pembelajaran diliburkan, dan kurangnya pemahamanorang tua mengenai pembelajaran ilmu tajwid.
Downloads
References
Ashifah Rohmah, Riha. 2019. “Implementasi Metode Iqra’ Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Al-Qur’an Di SD Negeri 1 Karangsari Bantur Malang”.Skripsi Sarjana, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang
Fathurrohman, Muhammad. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras
Handayani, Sri. 2020. Evaluasi Pembelajaran Berbasis STEM. Malang: Edulitera
Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Indah, Della. 2020. Penerapan Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, Vol.5, No.1
Prasmanita, Dea. 2020. “Implementasi Pembelajaran Tajwid dan Keterampilan Membaca Al-Qur’an dalam Materi Al-Qur’an Hadist”. Jurnal Pendidikan, Vol.2 No.2
Rachmat, Syafe’i. 2018. Ilmu Ushul Fiqih. Bandung: CV Pustaka Setia
Sulaiman. 2017. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Banda Aceh: Yayasan PeNA
Suriansyah, Ahmad. 2014. Strategi Pembelajaran. Depok: Kharisma Putra Utama Offset
Syafriyanto, Eka. 2015. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Rekonstruksi Sosial”. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6