Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDN 1 Tempursari Dengan Metode Suku Kata
Upaya, kemampuan membaca, metode suku kata (syllabic method)
Abstract
Penelitin ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN 1 Tempursari Sapuran Wonosobo; 2) mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN 1 Tempursari Sapuran Wonosobo; 3) mengetahui penggunaan metode suku kata dalam meningkatakan kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN 1 Tempursari Sapuran Wonosobo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian Tindakan kelas (PTK) Pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, wawancara, dokumentasi, Teknik analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, pada pra siklus kemampuan membaca siswa kelas 1 masih rendah, dari 23 siswa ada 8 siswa yang mampu membaca, terbilang 34,8% dan siswa yang belum mampu membaca ada 15 siswa, terbilang 65,2%, setelah peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada tahap siklus I membaca dengan penggunaan metode suku kata ada peningkatan yaitu terdapat 12 siswa yang mampu membaca, namun tetap belum memenuhi kriteria ketercapaian sehingga peneliti melakuakan tindakan perbaikan pada siklus ke II dan mengalami peningkatan, terdapat 19 siswa yang mampu membaca, terbilang 82,6%, sehingga penelitian dinyatakan berhasil karena telah melampaui indikator ketercapain yaitu 80%.
Downloads
References
Asmonah, Siti. ”Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar,” Jurnal Pendidikan Anak, vol. 8 no. 1 (2019), https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/26682/12459. (Diakses 19 mei 2022).
Muliawan, Jasa Ungguh. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: penerbit Gava Media.
Ratih mustikawati, “Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Pada Siswa Kelas 1 Sd Negeri Nayu Barat III Banjarsari Surakarta Tahun 2014/2015,” Jurnal Ilmiah Mitra Swarga Ganesha, vol 2, no 1, januari 2015. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/457. (Diakses 20 mei 2022).
Syah, Muhibin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pres
Tampubolon. 2015. kemampuan membaca teknik membaca efektif dan efisien. Bandung: CV Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca. Bandung: CV Angkasa.