Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDN 1 Tempursari Dengan Metode Suku Kata

  • Nuri Dwi Hikhmawati Program Studi PAI, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur'an, Wonosobo, Indonesia
  • Abdul Majid Universitas Sains Alqur an
  • Ali Imron Universitas Sains Alqur an
Keywords:
Upaya, kemampuan membaca, metode suku kata (syllabic method)

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN 1 Tempursari Sapuran Wonosobo; 2) mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN 1 Tempursari Sapuran Wonosobo; 3) mengetahui penggunaan metode suku kata dalam meningkatakan kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN 1 Tempursari Sapuran Wonosobo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian Tindakan kelas (PTK) Pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, wawancara, dokumentasi, Teknik analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, pada pra siklus kemampuan membaca siswa kelas 1 masih rendah, dari 23 siswa ada 8 siswa yang mampu membaca, terbilang 34,8% dan siswa yang belum mampu membaca ada 15 siswa, terbilang 65,2%, setelah peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada tahap siklus I membaca dengan penggunaan metode suku kata ada peningkatan yaitu terdapat 12 siswa yang mampu membaca, namun tetap belum memenuhi kriteria ketercapaian sehingga peneliti melakuakan tindakan perbaikan pada siklus ke II dan mengalami peningkatan, terdapat 19 siswa yang mampu membaca, terbilang 82,6%, sehingga penelitian dinyatakan berhasil karena telah melampaui indikator ketercapain yaitu 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, Dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asmonah, Siti. ”Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar,” Jurnal Pendidikan Anak, vol. 8 no. 1 (2019), https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/26682/12459. (Diakses 19 mei 2022).
Muliawan, Jasa Ungguh. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: penerbit Gava Media.
Ratih mustikawati, “Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Pada Siswa Kelas 1 Sd Negeri Nayu Barat III Banjarsari Surakarta Tahun 2014/2015,” Jurnal Ilmiah Mitra Swarga Ganesha, vol 2, no 1, januari 2015. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/457. (Diakses 20 mei 2022).
Syah, Muhibin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pres
Tampubolon. 2015. kemampuan membaca teknik membaca efektif dan efisien. Bandung: CV Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca. Bandung: CV Angkasa.
Published
2021-12-31
How to Cite
HikhmawatiN., MajidA., & ImronA. (2021, December 31). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDN 1 Tempursari Dengan Metode Suku Kata. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 1(2), 1-9. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v1i2.3050

STATISTICS

Abstract viewed = 207 times
PDF downloaded = 179 times