Artikel Skripsi PERAN PEMBELAJARAN KITAB MUKHTASOR JIDDAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB FATHUL QORIB SANTRI DI PPTQ AL-ASYARIYYAH KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO
kitab mukhtasor jiddan, peran pembelajaran
Abstract
Skripsii iini ibertujuan iuntuk: 1). iUntuk imengetahui konsep pembelajaran kitab mukhtasor jiddan di PPTQ Al-Asyariyyah. 2). Untuk mengetahui peran pembelajaran kitab mukhtasor jiddan dalam imeningkatkan ikemampuan imembaca ikitab ifathul iqorib santri di PPTQ Al-Asyariyyah Kalibeber Mojotengah Wonosobo. Skripsi iini imenggunakan ipendekatan ipenelitian kualitatif dimana jenis ipenelitiannya ibersifat ilapangan. Pendekatan kualitatif ini menggunakan pendekatan kuasi kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu Ustadz dan santri blok salaf PPTQ AL-Asyariyah. Teknik ipengumpulan idata imenggunakan imetode iobservasi, wawancara imendalam, dan idokumentasi. Dalam metode pengumpulan informasi, peneliti menggunakan triangulasi data, Adapun Teknik analisis yang digunakan adalah ianalisis iterhadap data iyang iberhasil idikumpulkan ioleh ipenelitian imelalui perangkat imetodologi. iDimana idata idiperoleh imenggunakan proses ianalisis idata isebagai iberikut: 1). iReduksi idata, 2). Penyajian idata idan, 3). iKesimpulan iatau iverifikasi. Hasil penelitian peran pembelajaran kitab mukhtasor jiddan di blok salaf PPTQ AL-Asyariyah berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan kemampuan membaca kitab fathul qorib. Pembelajaran kitab mukhtasor jiddan sangat berperan dalam kemampuan membaca kitab fathul qorib di blok salaf. ustadz dalam mengajar menggunakan metode bandongan, diskusi, dan sorogan. Sedangkan idalam ipelaksanaan iada itiga itahapan iyaitu, tahap ipersiapan, itahap ipelaksanaan i(kegiatan ipendahuluan, kegiatan iinti, idan ipenutup), idan itahap iakhir ibaik ievaluasi ilisan atau itertulis.
Downloads
References
Afif, M. (2019). Penerapan metode sorogan dalam meningkatkan baca kitab di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in. Journal of Social Community, 4.
Anwar, M. (2017). Ilmu sharaf: Terjemahan Kailani dan Nadzhom Maqsud. Bandung: Sinar Baru.
Arikunto, S. (2012). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek. Jakarta: Bumi Aksara.
Bruinessen, M. V. (1994). NU: Tradisi, relasi-relasi kuasa, pencarian wacana baru. Yogyakarta: LKIS.
Dahlan, A. Z. (1874). Syarah muktasor jiddan. Surabaya: Darul Ulum.
Dhofir, Z. (1994). Tradisi pesantren. Jakarta: LP3ES.
Mocthar, A. (2009). Kitab kuning dan tradisi akademik pesantren. Bekasi: Pustaka Isfahan.
Margono, S. (2010). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rinekacipta.
Nasir, R. (2005). Mencari tripologi format pendidikan ideal: Pondok pesantren di Jombang. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Saefuddin, A. (2015). Pembelajaran efektif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
Salim & Haidir. (2019). Penelitian pendidikan: Metode, pendekatan, dan jenis. Jakarta: Kencana.
Sarofudin Yahya, S. (2009). Taqrirot nadom imriti. Madrasah Hidayatul Mubtadiin.
Sudiyono. (2020). Metode diskusi dan penerapannya. Indramayu: Penerbit Adab.
Sudrajat, A. (2018). Pesantren sebagai transformasi pendidikan Islam di Indonesia. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 80.
Sukmadinata, N. S. (2009). Metode penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zaini Dahlan, A. (1874). Syarah muktasor jiddan. Surabaya: Darul Ulum