KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Komparasi antara Buku Karya Prof. Dr. Moh. Ainin dan Buku Karya Dr. Ahmad Muradi, M.Ag. & Dr. Taufiqurrahman, M.Ed.)

  • Haniza Dwi Sofyana Universitas Sains Al-Qur'an
  • Fatkhurrohman Fatkhurrohman
  • Asep Sunarko
Keywords:
Pengembangan, Kurikulum, Pembelajaran, Bahasa Arab

Abstract

Pada zaman yang serba berkembang sekarang ini, ditemukan banyak problematika dalam pembelajaran. Seiring dengan adanya perkembangan tersebut maka perlu diimbangi dengan pengembangan kurikulum dalam pembelajaran. Adapun dalam penelitian ini penulis fokus pada pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman tentanf konsep pengembangan pembelajaran bahasa Arab. Dengan adanya konsep pengembangan kurikulum bahasa Arab tersebut, pengembangan kurikulum dalam pembelajaran bahasa Arab diharapkan dapat dipahami serta dilaksanakan dengan baik.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif kepustakaan melalui komparasi antara dua buku, yakni buku “Pengembangan Kurikulum dalam Pembelajaran Bahasa Arab” karya Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd. dan buku “Pengembangan Kurikulum dalam Pembelajaran Bahasa Arab” karya Dr. Ahmad Murai, M.Ag. & Dr. Taufiqurrahman, M.Ed. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis isi dan analisis komparasi.

Hasil dari penelitian ini yakni kedua buku tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Kedua buku tersebut dapat dijadikan salah satu referensi para pengembang kurikulum dalam pembelajaran bahasa Arab. Akan tetapi, menurut penulis buku “Pengembangan Kurikulum dalam Pembelajaran Bahasa Arab” karya  Dr. Ahmad Muradi, M.Ag. & Dr. Taufiqurrahman, M.Ed. dirasa lebih sesuai untuk dijadikan sumber dalam pengembangan kurikulum dalam pembelajaran bahasa Arab karena di dalamnya mengandung pembahasan yang dirasa lebih sesuai dengan tema yang diangkat dalam buku tersebut dibandingkan dengan buku “Pengembangan Kurikulum dalam Pembelajaran Bahasa Arab” karya Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd.

Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pendidik, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan khususnya di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Ilmiani, Aulia Mustika. 2020. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Konvensional Hingga Era Digital. Yogyakarta: Ruas Media.
Ambarwati. 2022. Metode Penelitian Kualitatif (Konsep dan Praksis dalam Bidang Pendidikan Agama Islam). Pati: Al Qalam Media Lestari.
Asy’ari, Ary. Hamami, Tasman. 2020. Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. FITK. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Muhith, Abd. 2013. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Interpena.
Mulyasa, E. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nikuwati. 2015. Nilai-nilai Pendidikan Karakter (Studi Komparasi Buku PAI KTSP 2006 dengan PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 SMP Kelas VII). Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Published
2023-06-30
How to Cite
SofyanaH., FatkhurrohmanF., & SunarkoA. (2023, June 30). KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Komparasi antara Buku Karya Prof. Dr. Moh. Ainin dan Buku Karya Dr. Ahmad Muradi, M.Ag. & Dr. Taufiqurrahman, M.Ed.). Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v3i1.4661

STATISTICS

Abstract viewed = 229 times
pdf downloaded = 419 times

Most read articles by the same author(s)