PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI MANDIRAJA BANJARNEGARA
Metode Drill, Pendidikan Agama Islam, Tunagrahita
Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran
dimana metode menjadi salah satu faktor yang berpengaruh
terhadap keberhasilan pelaksanaannya. Apalagi bagi siswa
Tunagrahita yang memiliki hambatan intekektual. Metode yang
dipilih harus menyesuaikan kebutuhan siswa, setidaknya bersifat
interaktif dan dilaksanakan secara kontinu seperti Metode Drill.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan,
faktor pendukung dan penghambat, serta hasil belajar siswa
tunagrahita dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam
menggunakan metode Drill di SLB Negeri Mandiraja
Banjarnegara. Penelitian ini termasuk dalam kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan ketiga teknik tersebut
diketahui bahwa penerapan Metode Drill dilaksanakan pada
materi yang lebih banyak membutuhkan keterampilan dan
melalui langkah tertentu. Ada beberapa faktor pendukung
dan penghambat yang harus dikaji kembali guna
meningkatkan penerapan Metode Drill di SLB Negeri
Mandiraja Banjarnegara. Metode Drill memberikan hasil
pembelajaran yang baik bagi anak tunagrahita pada
pembelajaran PAI, khususnya dalam keterampilan siswa.
Downloads
References
Tunagrahita di SMPLB Negeri Ungaran’, Skripsi Sarjana.
Rini, O. (2021) Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Tunagrahita di SLB
ABCD Aisyiyah Banggae Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene. Universitas
Muhammadiyah Makassar.
Shaleh Abdul Rachman (2006) Pendidikan agama dan pembangunan watak bangsa / Abdul
Rachman Shaleh. Jakarta: Rajawali Press.
Somantri, T.S. (2006) Psikologi Anak Luar biasa. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Usman, B. (2002) Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Wikaningtyas, R. and Efitra, E. (2023) Inovasi Metode Pembelajaran Card Short Berbasis
Powerpoint Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Kebutuhan Khusus
(Untuk Tunagrahita). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. Available at:
https://books.google.co.id/books?id=VxXdEAAAQBAJ.