Upaya guru Pai dalam menanamkan moderasi beragama pada siswa MA AL-IRSYAD Gunungjati Pagedongan Banjarnrgara
moderasi beragama, Guru Pendidikan Agama Islam, Madrasah Aliyah
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui upaya
yang dilakukan guru PAI dalam menanamkan sikap moderasi
beragama pada tingkat sekolah menengah atas/MA; 2) untuk
mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung
penanaman sikap moderasi beragama di MA AL-IRSYAD
Gunungjati Pagedongan Banjarnegara; 3) untuk mengetahui
respon siswa dalam penanaman sikap moderasi beragama di
MA AL-IRSYAD Gunungjati Pagedongan Banjarnegara.
Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif dimana jenis penelitiannya bersifat deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Kemudian sumber data diperoleh dari sumber
data primer dan data sekunder (observasi, wawancara, dan
dokumentasi yang berkaitan dengan moderasi beragama).
Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data dan verivikasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) upaya guru PAI dalam
menanamkan sikap moderasi beragama bermacam-macam dan
tidak hanya guru PAI yang melaksanakan penanaman sikap
moderasi beragama tersebut pada siswa melainkan semua warga
sekolah juga turut andil; 2) faktor penghambat pada penanaman
sikap moderasi beragama yang masih beberapa belum teratasi
dan faktor pendukung yang memudahkan guru dalam
menanamkan sikap moderasi beragama pada siswa; 3) respon
siswa yang sudah terlihat dapat memahami dan menerapkan
sikap moderasi beragama, dan memiliki antusian dalam
mengikuti berbagai seminar atau sosialisasi tentang moderasi
beragama serta lomba-lomba tentang moderasi beragama
Downloads
References
Kabupaten Pekalongan”
Empat Indikator Dalam
ModerasiBeragama – Kantor
Wilayah Kementerian Agama
Provinsi Jawa Tengah
(kemenag.go.id) (06
November 2022)
Aceng Abdul Aziz dkk, Implementasi
Moderasi Besragama Dalam
Pendidikan Islam, (Jakarta:
Kelompok Kerja
Implementasi Moderasi
Beragama Direktorat Jenderal
Pendidikan Islam Kementrian
Agama Republik Indonesia,
2019)
Ahmad Beni, Metode Penelitian,
(Bandung: CV Pustaka Setia,
2008)
aidil Muh “implementasi
pembelajaran PAI untuk
mewujudkan moderasi
beragama diUPT SMA Negeri
1 Palopo”(Skripsi Sarjana,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo, 2022)
akbar Achmad, “peran Guru PAI
dalam membangun moderasi
beragama di SDN Beriwit 4
dan SDN Danau Usung 1
Kabupaten Murung Raya”
(skripsi sarjana, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
IAIN, Palangkaraya)
Ardi Novan, Pendidikan Agama
Islam Berbasis Pendidikan
Karakter, (Bandung: 2013,
Alfabeta)
arif Mahmud, moderasi islam dan
kebebasan Bergama
perspektif Mohamed Yatim &
Thaha Jabir Al-Alwani,
(Yogyakarta: 2020, CV Budi
Utama)
Arifin, “Ilmu pendidiikan
Islam”(Jakarta: PT Bumi
Aksara, 2016)
Daradjat Zakiah, Ilmu Pendidikan
Islam, (Jakarta :2018, PT
Bumi Aksara)
Farkhatun Siti, Guru Al-qur’an dan
Akidah akhlak MA ALIRSYAD Gunungjati,
wawancara dengan Penulis 06
Maret 2023
Firly Lisfia, siswa kelas XI MA ALIRSYAD Gunungjati,
Wawancara dengan Penulis
19 Maret 2023
Hadi Amirul & Haryono, Metodologi
Penelitan Pendidikan,
(Bandung: CV Pustaka Setia,
1998) .
Indrawan WS, Kamus Lengkap
Bahasa Indonesia, (Jombang:
Lintas Media, 2008)
Jamaludin, Strategi Internalisasi
Nilai-Nilai Sipakatau’ Dan
Implikasinya Terhadap Perilaku Belajar Peserta
Didik Mts Nuhiyah
Pambusuang Kecamatan
Balanipa Kab. Polewali
Mandar, AL-ISHLAH Jurnal
Pendidikan Islam, 2021
Juwariyah, Hadist Tarbawi,
(yogyakarta: Teras ,2010)
Lexy J. Moeloeng, Metodologi
Penelitian Kualitatif,
(Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya,2013)
ma’mur Jamal,Tuntunan lengkap
metodologi praktis penelitian
Pendidikan,(Yogyakarta)
Nurfahmi Ikhfak, “Upaya Guru PAI
Dalam Pembinaan Moderasi
Beragama di SMK KARSA
MULYA Palangka Raya”
(Skripsi Sarjana, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
IAIN,Palangka Raya, 2021
Prayogi Eling, Siswa kelas XI MA
AL-IRSYAD Gunungjati,
Wawancara dengan Penulis,
19 Maret 2023
Purwanto, Guru Fiqih MA ALIRSYAD Gunungjati,
Wawancara oleh Penulis, 6
Maret 2023
Qomar Mujami, Moderasi Islam
Indonesia, (Yogyakarta:
2020, IRCiSoD)
Quraish M. Shihab, Wasathiyyah
wawasan islam tentang
moderasi
beragama,(Tangerang: 2020,
Lentera Hati)
Rediansyah Feliki, Siawa Kelas X
MA AL-IRSYAD
Gunungjati, Wawancara
dengan Penulis, 19 Maret
2023
Rohayati Fithria, Kepala Madrasah
MA AL-IRSYAD
Gunungjati, Wawancara
dengan Penulis 03 Maret 2023
Saliah Siti Guru Sejarah kebudayaan
Islam MA AL-IRSYAD
Gununjati, Wawancara
dengan Penulis 06 Maret 2023
Salim dan Haidir, penelitian
Pendidikan: metode,
pendekatan, dan jenis,
(Jakarta)
Salim dan Halim, , penelitian
Pendidikan: metode,
pendekatan, dan jenis,
(Jakarta)
Sarwono Jonathan,Metode Penelitian
Kualitatif & Kuantitatif
(Yogyakarta:Graha
Ilmu,2006)
Setia Paelani, dkk, “Kampanye
Moderasi Beragama:Dari
Tradisional Menuju Digital”,
(Bandung: 2021, prodi S2
Studi Agama UIN Sunan
Gunung Djati)
Shaleh Nazili Ahmad, Pendidikan
dan Masyarakat,
(Yogyakarta: Sabda Media,
2011)
sholikhatun Fithria, kepala madrasah
MA AL-IRSYAD
Gunungjati, Wawancara oleh
Penulis, 3 Maret 2023St . Hardiani “Peran Tokoh Agama
dalam Penanaman Sikap
Moderasi Beragama pada
Generasi Milenial di Borong
Kapala Kab. Bantaeng”,
(Skripsi Sarjana,Fakultas
Ushuluddin dan Filsafat UIN
Alauddin Makassar)
Sudjana Nana dkk, Penelitian dan
Penilaian Pendidukan,
(Bandung: Sinar Baru
Algesindo, 2014)
Sugiyono, Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan,
Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D
(Bandung:Alfabeta,2015)
Syafaat Aat; Sohari Sahrani; Muslih,
Peranan Pendidikan Agama
Islam, (Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada, 2008)
Syaodih Nana Sukmadinat, Metode
Penelitian Pendidikan,
(Bandung: Remaja
Rosdakarya, 2015)
Tim Tata Usaha, MA AL-IRSYAD
Gunungjati, Wawancara
dengan Penulis 17 April 2023
Widianti Noviana, siswa Kelas
XI MA AL-IRSYAD
Gunungjati, Wawancara dengan
Penulis 19 Maret 2023