P, Pendidikan Akhlak Anak dalam Keluarga Broken Home (Studi Kasus di Desa Nagasari Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara Tahun 2023)
Pendidikan, Pendidikan Akhlak Anak, Keluarga Broken Home
Abstract
Penelitian ini terinspirasi dari kesaksian anak-anak keluarga Broken Home yang tinggal di Desa Nagasari, Desa Pagentan, Kabupaten Banjarnegara. Banyak kasus rumah tangga yang rusak disebabkan oleh pernikahan dini dan keadaan ekonomi yang buruk.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di Desa Nagasari Kecamatan Pagentan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data meliputi reduksi data, pengujian data, dan penarikan kesimpulan. Partisipan penelitian adalah anak-anak dan orang tuanya yang berasal dari keluarga Broken Home. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perkembangan moral anak pada keluarga Broken Home di Desa Nagasari Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara.
Berikut temuan penelitian perkembangan moral anak dari keluarga Broken Home di Desa Nagasari Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara. Pertama, kondisi moral anak-anak keluarga Broken Home di Desa Nagasari sudah baik karena selama ini belum ada anak atau remaja yang melanggar aturan dan menempuh jalur hukum di desa tersebut. Kedua, upaya orang tua, khususnya pada keluarga yang berlatar belakang Broken Home, untuk menerapkan dan mengajarkan pendidikan moral kepada anak melalui: Pengajaran, motivasi dan keteladanan; Menegakkan aturan dan kebiasaan; Ketiga, faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pendidikan moral anak, khususnya pada keluarga Broken Home, seperti anak yang mudah diatur; Lingkungan; Agama; Kesibukan orang tua; Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi; Keempat, kecanduan gadget orang tua.
Downloads
References
Anna Novita, "Pengaruh Pemberian Reward Transaksional Orangtua Terhadap Prestasi Siswa Di Smk N 1 Saptosari", Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 22 No.03, 2015
Ana Maritsa, “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, Vol.18 No. 2, 2021
Azizah & Maulina Ezard. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. Jurnal Thufula, Vol. 5, No 2 Juli-Desember 2017.
Darmiah, (2019) “Akhlak Anak Terhadap Kedua Orang Tua”, Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, Vol.5 No.1
Gamar Septianita., et.al. Peran Pendidikan In-Formal dalam Mendidik Anak Pada Keluarga Broken Home di Kelurahan Bukit Lama Kota Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah Vol. 1 No. 1 Januari 2019
H. Fuad Ihsan. 2013. Dasar-Dasar Kependidikan.Jakarta: PT Rineka Cipta
Imron Muttaqin dan Bagus Sulistyo, “Analisis Faktor Penyebab dan Dampak Keluarga Broken Home”, Raheema: Jurnal Studi Gender dan Anak, Vol.6 No.2, 2019
Jito Subianto, “Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas”, Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol.8 No.02, 2013
Juliansyah Noor. 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Kencana Prenadamedia
Podi Sastra Pramana Putra, “Fenomena Quasi Broken Home dalam Keluarga Pekebun”, Al-Imarah: Jurnal Pemerintahan dan Politik Islam, Vol.3 No.2, 2018
Tatang Hidayat dan Makhmud Syafe’i. (2018) "Peran Guru Dalam Mewujudkan Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah", Jurnal Rayah Al-Islam, Vol.2 No.1, 2018
Wawancara dengan Ibu Eki pada 09/08/2023 Jam 12.30 WIB
Wawancara dengan Ibu Mursono pada 09/08/2023 Jam 14.30 WIB
Wawancara dengan Ibu Yanti pada 09/08/2023 Jam 13.30 WIB
Wawancara dengan Ibu Makinah pada 09/08/2023 Jam 14.00 WIB
Wawancara dengan Bapak Safrudin selaku Kepala Desa Nagasari, wawancara oleh penulis, 27/09/2023 Jam 12.30 WIB