Problematika Pembelajaran Qowa'id Dengan Kitab Alfiyah Ibni Malik di Pondok Pesantren Ma'had Mamba'ul Qur'an Wonosobo

  • Faiz Afif Udin Pendidikan Bahasa Arab
  • Fatkhurrohman Fatkhurrohman
  • Muhammad Saefullah
Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran qawa’id, Alfiyah Ibni Mālik, Pondok Pesantren Ma’had mamba’ul Qur’an

Abstract

Pembelajaran bahasa arab secara garis besar dapat diklasifikasikan menjadi dua sistem, yaitu: sistem pembelajaran bahasa arab yang berorientasi pada penguasaan bahasa sebagai ujaran langsung, dan sistem pembelajaran bahasa yang berorientasi pada gramatika (tata bahasa arab). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pembelajaran qawa’id dengan Alfiyah Ibni Mālik di Pondok Pesantren Ma’had Mamba’ul Qur’an;2) problematika pembelajaran qawai’d dengan kitab Alfiyah Ibni Mālik di Pondok Pesantren Ma’had Mamba’ul Qur’an; 3) Mengetahui solusi dari problematika pembelajaran qawa’id dengan kitab Alfiyah Ibni Mālik di Pondok Pesantren Ma’had Mamba’ul Qur’an.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenis penelitiannya adalah field research. Tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah dengan Mengidentifikasi masalah (problem identification), Mengidentifikasi penyebab masalah (causal identification), Melakukan evaluasi moral (moral evaluation),Melakukan saran penanggulangan masalah (treatment recomendation). Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) proses pembelajaran qawa’id dengan kitab Alfiyah Ibni Mālik yakni santri menyetorkan hafalan sebelum memulai pembelajaran. kemudian ustadz membacakan 2/3 nadzom beserta dengan penjelasan; 2) Problem yang dialami dalam pembelajaran diantaranya: adanya sebagian santri yang tidak memperhatikan, kurangnya waktu pembelajaran, banyak santri yang belum mengetahui materi (qawa’id) dasar, adanya santri yang mengantuk, SDM yang belum mumpuni atau belum ahli; 3) Solusi yng ada diantaranya, Mengadakan target hafalan, Memperpanjang durasi waktu pembelajaran, Menekankan kepada santri agar mengurangi kegiatan diluar pesantren, SDM mungkin bisa mendatangkan ustadz dari luar pondok yang lebih mumpuni.

Kata Kunci: Pembelajaran qawa’id, Alfiyah Ibni Mālik, Pondok Pesantren Ma’had mamba’ul Qur’an

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bungin, Burhan. 2012. Penelitian Kualitatif. Cet. 6, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Haddar, Gammar al-, dkk. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Get Press Indonesia.
Hasyim, Dahri. التصريف الاصطلاحى . Kesugihan: Pon-pes Asaasunnajaah.
Izzan, Ahmad. 2015. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. 6; Bandung: Humaniora.
Rois, Mulza dan Titin Kusayang. 2022. Buku Ajar Profesi Kependidikan Untuk Perguruan Tinggi. Banyumas: PT. Pena Persada Kerta Utama.
Setyawan, Cahya Edi. “Pembelajaran Qawaid Bahasa Arab Menggunakan Metode Induktif Berbasis Istilah-Istilah Linguistik”. Jurnal Komunikasi dan pendidikan Islam, Volume 4, no. 2 (2015).
Published
2025-06-30
How to Cite
Udin, F., Fatkhurrohman, F., & Saefullah, M. (2025, June 30). Problematika Pembelajaran Qowa’id Dengan Kitab Alfiyah Ibni Malik di Pondok Pesantren Ma’had Mamba’ul Qur’an Wonosobo. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 5(1), 105-111. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v5i1.6405

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>