Pendidikan, humanis, islam. KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS PERSPEKTIF KI HAJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

Konsep Pendidikan Humanis dan Tujuan Pendidikan Islam

  • Nur Nur Afifah a
  • Moh Sakir
  • Muhammad Saefullah
Keywords:
Pendidikan, humanis, islam.

Abstract

Manusia dan pendidikan sangat erat kaitannya. Pendidikan adalah proses mengembangkan kesempatan untuk memperbaiki fisik, intelektual dan moral. Dalam konteks pendidikan, manusia dipandang sebagai subjek yang membutuhkan pendidikan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk hidup dalam masyarakat.

Perkembangan humanistik Ki Hajar Dewantara menekankan pentingnya menghargai keunikan dan potensi setiap individu. Menurutnya, pendidikan seharusnya tidak hanya fokus pada aspek akademik, tetapi juga membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial, emosional, dan kreatif mereka. Pendekatan ini sejalan dengan tujuan pendidikan Islam yang antara lain mendidik manusia yang berakhlak mulia, mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat dan melaksanakan ajaran agama.

Pentingnya konsep pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara terhadap tujuan pendidikan Islam tampak dalam upaya penanaman nilai-nilai kemanusiaan yang bertanggung jawab, adil dan peka. Baik pendidikan humanistik maupun pendidikan Islam menekankan pada pengembangan karakter dan etika yang kuat. Pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara dapat memperkaya pendidikan Islam melalui pendekatan terpadu dan memotivasi peserta didik secara menyeluruh untuk menjadi manusia yang jujur ​​dan berkualitas.

Dalam konteks pendidikan Islam, pendekatan humanistik juga dapat menawarkan perspektif yang lebih luas tentang keragaman budaya dan pemahaman antaragama. Pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara menekankan pentingnya toleransi, saling menghormati dan saling pengertian. Hal ini memungkinkan pemahaman yang lebih mendalam tentang prinsip-prinsip ajaran Islam dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mengintegrasikan konsep pendidikan humanis Ki Hajar Dewantara dengan pendidikan Islam, maka tujuan pendidikan Islam dapat tercapai dengan lebih efektif. Pendidikan humanistik memberikan landasan yang kuat untuk membentuk kepribadian moral yang baik, empati terhadap orang lain, dan kemampuan untuk mempengaruhi fungsi masyarakat secara positif. Dalam konteks pendidikan Islam, pendidikan humanistik dapat menjadi sarana pengajaran prinsip-prinsip keagamaan secara komprehensif dan holistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data secara natural. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan.

mencatat bahwa dari sudut pandang Ki Hajar Dewantara, konsep pendidikan humanistik sangat penting untuk tujuan pendidikan Islam. Kombinasi dari pendekatan ini dapat memungkinkan pendidikan holistik dan mempromosikan individualisme. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rahardjo, Suparto, 2015.”Ki Hadjar Dewantara Biografi Singkat 1889-1959, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.”
”Hasbullah, 2012.”Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.”
”W.J.S. Poerwadarminta, 2006.”Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.”
”Dr. H. Amka, M.Si, 2019. ””Filsafat Pendidikan Sidoarjo: Nizama Learning Center.”
Herti, Yeti Dwi, 2019.”Nilai-nilai Pendidikan Humanis dalam Surah An-Nisa Ayat 63, Jurnal Kependidikan, Vol. 7.”
”Winardi, 1999. ””Pengantar Manajemen Pemasaran,” Bandung: Citra Aditya. Bakti.”
”Sugiarti, Bambang, 2008. Humanisme dan Humaniora”Yogyakarta: Jalasutra.”
”Hasan Bashri dan Beni Ahmad Saebani, 2010. Ilmu Pendidikan Islam Bandung: Pustaka Setia, 2010.”
”Wiryopranoto, Suhartono, 2017. Ki Hajar Dewantara: Pemikiran dan Perjuangannya Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional.”
Published
2023-06-30
How to Cite
AfifahN., SakirM., & SaefullahM. (2023, June 30). Pendidikan, humanis, islam. KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS PERSPEKTIF KI HAJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v3i1.4704

STATISTICS

Abstract viewed = 291 times
pdf downloaded = 373 times

Most read articles by the same author(s)