Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Learning Berbantuan Presentasi PowerPoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fikih kelas VIII
Fathurrohman, S. Ag., M. Pd (Pembimbing 1), Muhammad Saefullah, M. Pd (pembimbing 2)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan
model pembelajaran Reciprocal Learning berbantuan presentasi
PowerPoint dan untuk mengetahui manakah hasil belajar yang lebih
tinggi antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Reciprocal Learning berbantuan presentasi PowerPoint
dan Model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang
digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan
penelitian Non Equivalent Control Group yaitu peneliti yang
dilaksanakan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas
kontrol dengan menggunakan pretest dan postest. Populasi dan sampel
dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 siswa
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yang berjumlah 32 siswa
sebagai kelas kontrol dikenakan pretest dan diakhir dikenakan posstest.
Kemudian hasilnya diolah, dianalisis, dan dibandingkan menggunakan
uji t-test dan uji gain untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan
antara dua kelompok tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)
ada bentuk pembelajaran fikih khususnya pada peningkatan hasil belajar
menggunakan model pembelajaran Reciprocal Learning berbantuan
presentasi PowerPoint 2) terdapat peningkatan hasil belajar pada kelas
eksperimen sebesar 0,755 (tinggi). 3) ada perbedaan model pembelajaran
Reciprocal Learning berbantuan presentasi PowerPoint antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol deng thitung 5, 549 > ttabel 2,657 sehingga H0
ditolak dan H1 diterima..
Downloads
References
Brown, Trianto. 2007. Model Pembelajaran Reciprocal Learning Jakarta: Pustaka Pelajar.
Dakhi, Agustin Sukses. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Edication and
development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Vol.8 No.2.
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung:Bumi Aksara.
Haryadi dan Zamzani, 2000, Media Presentasi PowerPoint, Jakarta; PT Endi.
Huda, Miftahul. 2019. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2019, Statistika Untuk Penelitian, Cet. 30; Bandung: Alfabeta.