Pengaruh Pengendalian Diri dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar PAI SMP Takhassus Al-Qur’an 2 Deroduwur

  • Amalia Utami Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Ahmad Zuhdi Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Moh Sakir
Keywords:
Pengendalian Diri, Kepercayaan Diri, Hasil Belajar PAI

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengendalian diri, kepercayaan diri terhadap hasil belajar PAI. Dalam penelitian ini menggunakan sampel siswa VIII B dengan jumlah 31 siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana  dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pengendalian diri dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar PAI dengan perolehan koefisien regresi (b1) 65,62 dan koefisien regresi (b2) sebesar -71,68. Yang artinya koefisien regresi negatif (tidak searah). Jika pengendalian diri dan kepercayaan diri meningkat 1 satuan, maka kualitas hasil belajar PAI juga meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Khairul Mulkan, “Hubungan Kontrol Diri dan Harga Diri dengan Kepercayaan Moral Siswa SMK Sinar Husni 2 TR Labuhan Deli”, vol. 8 no. 2 (Desember 2016), hal. 90.
Nana Syaodih Sukmadinata,“Metode Penelitian Pendidikan”, (Bandung, PT Remaja Rosdakarya,2020). hal31.
Sugiono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, (Bandung, ALfabeta, 2019), hal
Published
2022-12-01
How to Cite
UtamiA., ZuhdiA., & SakirM. (2022, December 1). Pengaruh Pengendalian Diri dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar PAI SMP Takhassus Al-Qur’an 2 Deroduwur. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 2(2), 1-5. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v2i2.4155

STATISTICS

Abstract viewed = 234 times
pdf downloaded = 104 times

Most read articles by the same author(s)