Implementasi Budaya Literasi Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Materi PAI kelas VII di SMP NEGERI 2 KLEDUNG TEMANGGUNG
Budaya, Literasi, Digital
Abstract
Budaya Literasi Digital dalam dunia Pendidikan sangat diperlukan, untuk menunjang meningkatnya kemampuan membaca peserta didik, dengan adanya budaya literasi digital diharapkan semua peserta didik lebih pintar dalam mengaplikasikan digital. Dengan berbudaya literasi digital peserta didik akan menambah wawasan pembelajaran terkhusus dalam materi Pendidikan Agama islam dan merambat kepada mata pelajaran yang lain. Salah satu tujuan lainnya adalah agar peserta didik mampu meningkatkan kebiasaan dalam berliterasi. Untuk itu kita harus mengetahui bagaimana peran literasi digital dalam meningkatkan kemampuan membaca pada materi PAI dan bagaimana cara mengatasi agar peserta didik meningkatkan kebiasaan membaca pada materi PAI kelas VII di SMP Negeri 2 Kledung Temanggung. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif deskriptif, dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian tersebut implementasi Budaya Literasi Digital dalam meningkatkan kemampuan membaca dan kebiasaan membaca, mengalami perubahan dalam proses belajarnya yaitu dapat meningkatkan kemampuan membaca pada materi PAI dan meningkatkan kebiasaan peserta didik dalam membaca.
Downloads
References
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabet. Sukmawat, Elenai. ”Implementasi Metode Reward adn Punishment dalam pembelajaran PAI Online meningkatkan minat belajar siswa di SMA N 1 Mojotengah,” Skrips Sarjana, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UNSIQ, Wonosobo,
Pratiwi, Reni Annisa. “ Penguatan Literasi Digital Guru Pendidikan Agama islam pada masa Pandemi Covid-19”, Skripsi Sarjana, STAINU, Temanggung, 2020